Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Ghosting?



Belakangan ini, istilah ghosting telah beredar di dunia maya. Istilah Ghosting sendiri sering dikaitkan dengan perasaan cinta atau asmara, namun secara umum istilah Gosting tidak jauh berbeda dengan harapan palsu atau yang lebih dikenal dengan PHP. Atau dengan kata lain orang yang kita cintai pergi menjauh saat dia sedang jatuh cinta, sehingga perasaan cinta, sayang, kenangan masih membayangi (berbayang) atau dari rasa itu bisa dibilang gagal move on, tapi mungkin karena terlalu mainstream. dan penjang kemudian mencuat istilah Gosting. Juga harus diingat bahwa ghosting juga bisa terjalin dalam ikatan persahabatan platonis dan itu tidak kalah menyakitkan.

Dari pengertian diatas, Ghosting dapat dibedakan menjadi dua kategori Relationships yaitu dalam Romance dan Friendship.

Ghosting Dalam Hubungan Asmara

Ghosting umumnya terjalin saat pria dan wanita masih dalam sesi PDKT atau berpacaran. Ghosting biasanya dilakukan ketika seseorang tidak lagi ingin berkencan tetapi tidak berdaya untuk mengakhiri suatu hubungan. Entah karena takut atau tidak.

Kemudian dia dengan sengaja menghilang tanpa kejelasan. Mudah-mudahan teman kencannya menyadari bahwa dia tidak lagi tertarik dan hubungannya tidak mungkin dilanjutkan.

Pelaku ghosting akan menghilang setelah anda merasa akrab atau beberapa kali berkencan. Itu bahkan bisa terjadi ketika Anda sudah memiliki komitmen hubungan. Tingkah laku ini tentunya lebih menyakitkan daripada cinta yang ditolak atau diputuskan karena korban ghosting tidak mendapat kejelasan.

Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa ghosting adalah cara terburuk untuk mengakhiri suatu hubungan. Dikhawatirkan dapat menyebabkan konflik yang lebih rumit di masa depan dan memicu lebih banyak kemarahan dan rasa sakit.

Perilaku menghilang tanpa berita ini sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia percintaan. Bahkan pernah ada penelitian tentang strategi mengakhiri hubungan pada tahun 1970-an, salah satunya dengan menghindar. Namun di masa aplikasi kencan online seperti Tinder, Bumble atau OK Cupid, fenomena ghosting akan semakin marak dalam sepuluh tahun terakhir.

Ghosting Dalam Hubungan Persahabatan

Persahabatan yang berpotensi menerima ghosting adalah hubungan platonis. Hubungan Platonis adalah persahabatan yang dibuat oleh pria dan wanita dengan minat romantis.

Saat menjalani hubungan platonis, menjaga perasaan adalah kuncinya. Hubungan seperti ini biasanya terselubung dengan pertemanan, untuk saling mencintai tanpa mempermainkan hati.

Persahabatan Platonis bisa bertahan lebih lama daripada berkencan dengan monyet. Sayangnya, hubungan platonis yang salah satu pelakunya tidak tahan dengan perasaan cintanya, berpotensi melakukan dan menerima ghosting.

Bukan karena Anda tidak suka, Gosting dapat dilakukan oleh mereka yang tidak tahan dengan perasaan mereka. Takut merusak persahabatan dan memilih menghilang tanpa alasan, karena saat berdekatan jantung berdebar kencang.

Kemudian bisa dilakukan oleh pihak-pihak yang konon tidak memiliki perasaan dalam hubungan platonis ini. Sekali lagi bukan karena tidak suka, tapi ingin menyimpannya. Menghilang tanpa alasan adalah cara yang bagus untuk tidak memicu konflik dalam persahabatan.

Menurut Anda, kapan Anda akan melakukan Ghosting ?.

Untuk memberi Anda ide, berikut adalah tanda-tanda Anda terkena Ghosting Poison:

1. Batalkan Rencana Tanpa Penjadwalan Ulang

Jika seseorang berencana membuat Anda berbayang, maka dia bisa saja tiba-tiba membatalkan rencana yang dia buat dengan Anda. Yang lebih menyebalkan, biasanya orang tersebut akan membatalkannya di detik-detik terakhir menjelang hari h. Ghosting juga tidak memberikan penjadwalan ulang yang menunjukkan bahwa dia akan segera menghilang dan berhenti berbicara dengan Anda.

Seseorang sering membatalkan momen terakhir, 'maaf untuk pemberitahuan singkat tetapi saya tidak bisa datang malam ini. Mungkin minggu depan akan lebih baik.I'll tellyou '"kata terapis hubungan dan perceraian, Karolina Pasko.

2. Tiba-tiba Memblokir Anda di Media Sosial

Ketika seseorang telah memblokir atau menghapus Anda dari ruang lingkup pertemanannya di media sosial, itu tandanya Anda baru saja melakukan ghosting. Anda tiba-tiba tidak lagi memiliki akses ke konten media sosial orang tersebut. Menurut pakar kencan Plenty of Fish, Kate MacLean, jika seseorang tiba-tiba memblokir, berhenti berteman, atau berinteraksi dengan Anda, itu seharusnya sudah menjadi tanda bahaya.

Ini menunjukkan bahwa orang tersebut tidak lagi menginginkan interaksi dengan Anda. Itulah mengapa orang tersebut mencoba menghentikan segala bentuk komunikasi untuk berhenti berbicara dengan Anda untuk selamanya.

3. Anda Tidak Memiliki Teman Yang Sama Dengan Dia

Pada kencan atau pertemuan pertama Anda, Anda mungkin tidak akan langsung diperkenalkan dengan teman-teman Anda dan itu hal yang wajar. Namun jika Anda sudah cukup lama mengenalnya dan sang doi masih menolak mengajak Anda bertemu teman-temannya, bisa jadi itu pertanda ia mungkin ingin membuat Anda hantu.

"Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah jika Anda memiliki teman yang sama. Jika tidak, maka mereka tidak memiliki siapa pun untuk dimintai pertanggungjawaban dan kemungkinan besar akan hilang," jelas mak comblang dan CEO layanan perjodohan VIP Platinum Poire, Rori Sassoon.

4. Balas Panjang untuk Pesan Anda

Salah satu tanda seseorang akan menjadi pelaku ghosting adalah jika ia mulai membutuhkan waktu lama untuk membalas pesan atau menelepon balik. Mungkin sebelumnya orang tersebut selalu mengirimi Anda pesan setiap hari, namun sekarang Anda membutuhkan waktu seminggu atau bahkan lebih hanya untuk mendapatkan balasan darinya. Orang tersebut mungkin mencari waktu yang tepat untuk benar-benar berhenti berbicara dan keluar dari hidup Anda.

          Anda telah menelepon beberapa kali untuk menanyakan kabar mereka, hanya untuk menerima keheningan radio selama seminggu, atau bahkan lebih lama, sampai mereka membalas teks Anda ketika mereka merasa nyaman. Seolah-olah orang yang Anda kencani selama sebulan terakhir adalah jempol dari imajinasi Anda sendiri, "kata MacLean.

5. Dia Tidak Banyak Berbicara Dengan Anda

Tanda terakhir bahwa Anda menjadi korban ghosting adalah jika Anda merasa kesulitan untuk berbicara dengannya. Orang tersebut mungkin hanya berbicara singkat dan sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda tidak merasa seperti itu sebelumnya dan sekarang tiba-tiba berubah menjadi seperti itu, maka itu bukan pertanda baik.

"Orang tersebut tidak banyak bicara saat Anda berbicara-banyak keheningan yang canggung atau respons satu atau dua kata terhadap teks," kata pakar kehidupan lajang dan penulis blog 'Urban Spinster', Sadia Sanders.

Jadi jika Anda telah mengiriminya pesan yang cukup lama tetapi dia hanya membalas Anda dengan kata-kata pendek, kemungkinan dia akan menjadi pelaku ghosting. Karena itu Anda perlu berhati-hati.

Eits, tapi jangan salah sangka bisa jadi penyebab ghosting kamu itu sendiri misalnya

1. Tidak ingin berkencan

Memiliki hubungan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi jika dia belum pernah menjalin hubungan atau pernah terluka parah sebelumnya.

Jadi dia akhirnya ragu-ragu. Bisa jadi, dia masih ingin bebas melakukan hobinya atau dia emang aja dirumah dengan kesendiriannya.

2. Anda tidak memiliki tindakan

Jika yang satu ini menyebabkan Anda sendiri. Bayangkan saja jika dia udah melakukan sesuatu untuk Anda. Tapi kamu benar-benar gak merespon positif atau gak melakukan hal yang sama dengan apa yang dia lakukan padamu.

3. Buat Ilfeel

Sebelum Anda membuat konten yang galak di media sosial tentang Anda berbayang. Ada baiknya untuk introspeksi diri Anda terlebih dahulu. Ingat saja lagi, apakah Anda melakukan hal buruk yang akhirnya membuatnya langsung ngadat.

4. Anda dekat dengan pria / wanita lain

 Hindari membalas komentar satu sama lain menggunakan kata-kata manis dengan pria / wanita lain di media sosial atau mengobrol dengan pria / wanita lain saat Anda bersamanya.

5. Ada yang lebih menarik

  Bisa jadi, di tengah PDKT bersamamu tiba-tiba dia bertemu dengan cewek / cowok lain yang dia anggap lebih baik darimu.

Bisa lebih cocok karena banyak kemiripan, atau lebih cakep

6. Anda terlalu baik untuknya

Alasan klise ini ternyata nyata terjadi. Mereka mengira Anda terlalu kaya, terlalu pintar, atau terlalu luar biasa baginya sehingga dia pikir dia tidak bisa melebihi atau mengikuti Anda. Singkatnya, dia seorang minder!

7. Perawatan diri

Bisa jadi dia merasa hubungan dengan Anda adalah hubungan yang beracun. Jadi, dia tiba-tiba memilih keluar dari hubungan itu, demi kebaikan Anda sendiri. Tidak ada salahnya melakukan refleksi diri jika memang demikian.

8. Jangan pernah meminta berita dulu

Jangankan kirim pesan duluan, balas pesan singkat anda saja dia malas. Lama atau mungkin tidak membalas pesan singkat anda.

Agar Anda tidak berbayang salah satu cara terbaik dengan teknik terapi perilaku kognitif (CBT) yang disebut eksposur. Artinya menempatkan diri Anda dalam situasi yang membuat Anda cemas dan takut dalam kehidupan nyata. Anda tidak harus menangani percakapan yang paling menakutkan terlebih dahulu.

Cobalah lakukan latihan bersama seseorang yang kamu percayai dan nyaman layaknya sahabaat atau keluarga. Dengan menghadapi rasa takut, Anda akan siap untuk memulai percakapan yang lebih sulit. Seiring waktu, Anda akan mengatasi ketakutan akan konflik dan kecenderungan untuk menghindari percakapan yang sulit.

Pesan untuk anda yang menjadi korban ghosting atau ghosting jaga diri anda. Setelah Anda putus dengan cara itu, cobalah berjalan-jalan santai selama 10 menit, berlatih bernapas atau mandi yang lama. Beri diri Anda pujian karena menghadapi ketakutan Anda.

Pada hakikatnya ghosting adalah tindakan menghindari seseorang yang seringkali disebabkan oleh ketakutan akan konflik. Inti dari ghosting adalah tentang menghindari konfrontasi, menghindari percakapan yang sulit, dan menghindari menyakiti perasaan seseorang.

Penting bedakan lah 'ghosting' ini dengan memutuskan hubungan karena tidak aman atau kasar. Adalah Hak anda untuk memutuskan hubungan apabila tidak aman secara fisik maupun emosional, dan itu tidak dapat di kategorikan sebagai ghosting. Namun jika tujuannya lenyap untuk menghindari konflik, mungkin Anda bisa mempertimbangkan cara yang lebih baik untuk mengakhirinya.

Menurut sebuah studi ilmiah, ghosting merupakan cara terburuk untuk mengakhiri suatu hubungan. Karena itu bisa menimbulkan konfrontasi yang lebih besar di kemudian hari. Ghosting ini telah terjadi paling banyak pada kasus aplikasi kencan online selama dekade terakhir.

Menurut sebuah studi tentang strategi mengakhiri hubungan di tahun 1970-an, menghindari kemungkinan akan memicu lebih banyak kemarahan dan rasa sakit bagi penerimanya. Bagi seseorang yang memilih untuk menghindari konflik sejak awal, pertikaian adalah hasil terburuk yang dapat memicu perpisahan keduanya. Studi ini menjelaskan rasa bersalah yang dirasakan pelaku karena dia mengambil jalan pengecut untuk keluar dari suatu hubungan.

Menghindari konflik dapat meningkatkan kecemasan. Adanya kecemasan yang timbul akibat rasa takut akan menghadapi kemarahan langsung seseorang  atau mengecewakan dan terlihat seperti "orang jahat". Semakin Anda menghindari konflik, semakin banyak kecemasan yang muncul seiring waktu. Pada kenyataan nya Melakukan Ghosting untuk menghindari konflik pada hubungan bisa jadi merupakan masalah yang mungkin akan dapat diselesaikan melalui komunikasi terbuka.

Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk " Apa Itu Ghosting?"