Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.

Indonesia kini, dari sabang sampai merauke menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional BPJS. Bukan sebab lain namun memang Pemerintah mewajibkan semua Rumah Sakit se Indonesia menerima penjaminan BPJS.

BPJS yang merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan pun telah menyediakan sarana claim jaminan yang biasa disebut Vclaim dan dijalankan online menggunakan browser di PC. 

Dari laman Vclaim tersebut institusi pelayanan kesehatan dapat mencetak Surat Eligibilitas Peserta (SEP) sebagai penjaminan kesehatan pasien. Untuk mengaksesnya kita harus membuka laman vclaim.bpjs-kesehatan.go.id

Di bawah ini adalah halaman awal vclaim.

Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.


Disana ada Username,  Password serta challenge-response test (captcha) yang harus di input sebelum masuk ke menu utama vclaim. 

Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.
Menu Utama Vclaim

Namun ya, tentu saja hanya institusi pelayanan kesehatan, seperti Rumah Sakit yang di berikan Username dan Password login oleh BPJS. Akan tetapi password ini hanya aktif selama 60 hari, setelah nya password tersebut harus diganti. Dengan kata lain demi keamanan BPJS Mengharuskan penggantian password login Vclaim setiap 60 hari. 

Untuk penggantian Password ini, kita hanya perlu masuk ke laman Aplikasi Registrasi atau ubah password. Berikut tutorial lengkapnya.

Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.
  • Pertama kita masuk ke laman utama,
  • Masukan Username dan Password beserta captcha, lalu klik login. Apabila tidak dapat login ke menu utama Vlaim, dan muncul notifikasi seperti di bawah ini, Artinya Password Vcalim anda harus di update atau diganti. 
Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.

  • Klik OK, Lalu Pilih Link Ubah Password…! di kiri bawah. (Setelahnya anda akan di hadapkan pada laman Ubah Password).
Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.


Disana anda Input
  • Username
  • Password Lama anda
  • Password baru anda
  • Di isian Paling bawah, silahkan ulangi password baru anda.
  • Lalu klik Ubah Password.

Apa bila ada notifikasi berikut, berarti Proses Rubah password anda telah berhasil.

Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.

Silahkan login kembali menggunakan Password Baru anda. 


Itulah Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa.

Terima Kasih.


Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Password Vclaim BPJS Yang Sudah Kadaluarsa."