Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!

Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!
Sebagai mahasiswa semester akhir, tentu banyak sekali kendala yang dihadapi. Dari tugas kuliah yang semakin menjadi-jadi sampai persiapan tugas akhir yang masih membuat linglung, bukan tidak bisa namun tidak tahu harus membahas apa disaat menyusun tugas akhir, khususnya bagi mereka yang kuliah di jurusan informatika. Dari berbagai macam niche tugas akhir yang ada, kemungkinan banyak yang memilih pemrograman web, bukan karena mudah dipelajari namun hal lain yaitu tidak membutuhkan spek komputer atau laptop yang mumpuni, istilahnya dengan Ram 2 atau 4 Gb saja konsep yang digagas sudah bisa running. Lantas bagaimana dengan niche tugas akhir yang lain misalnya pemrograman Mobile dalam hal ini mahasiswa diharuskan berperan sebagai android developers, dan kembali saya tekankan bukan pada cara bagaimana konsep yang kita buat diaplikasikan kedalam bahasa java namun lebih sebelum itu, mempersiapkan hardware sampai memilih IDE(Integrated Development Environment) untuk aplikasi mobile itu sendiri.
Saat ini ada beberapa IDE populer digunakan, Eclipse, Netbeans, dan Android Studio. dari beberapa IDE tersebut mungkin yang paling di sukai mahasiswa ialah Android Studio, tidak mengherankan memang jika dilihat dari jumlah tutorial yang beredar diinternet rata-rata membahas android studio, namun dari segi spek hardware yang harus digunakan juga lumayan, berikut spek minimum android studio :
  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- or 64-bit)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
Namun memang benar dengan spek tersebut android studio dapat running, akan tetapi sebagai pengguna harus sangat sabar, bukan karena memikirkan kodingan, tapi sabar berperan sebagai kura-kura yang berlomba dengan kelinci.

Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!
Untuk mengatasinya tentu hal pertama yang dilakukan ialah meng-upgrade hardware anda saat ini, tapi apanya yang harus di upgrade. Hardware yang paling lumayan terjangkau ialah RAM atau Sodimm untuk laptop, awalnya saya berpikir agar mengganti unit laptop yang baru saja, dengan laptop keluaran terbaru sudah pasti spesifikasinya lebih tinggi, tapi itu dia harganya pun pasti terbilang tinggi juga. Oleh karena itu mending upgrade RAM nya saja lah.
Harga pasaran untuk RAM laptop ddr3 saat ini sangat bervariasi tergantung kapasitas berapa Gigabyte yang dibutuhkan dan tempat dimana anda membelinya. harga pasaran untuk Ram 2 GB ddr3 biasa merk kingston berkisar antara Rp. 200 - 250 Rb perkepingnya, akan tetapi setelah browser sana sini mengenai ram, akhirnya saya menemukan artikel yang kembali membuat saya ragu, yaitu pembahasan mengenai ram dual channel, ram kembar yang konon performanya lebih dari ram single walaupun kapasitasnya lebih besar. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa Ram kembar dengan kapasitas masing-masing 4 GB, (2x4 GB) akan memiliki performa yang lebih cepat dari pada 1 keping ram 8 GB, Teorinya menurut artikel tersebut ialah seperti mobil-mobil yang masuk jalan toll, jika dua pintu toll dibuka maka proses masuknya kendaraan ke jalan tol akan lebih cepat dibandingkan hanya membuka satu pintu masuk.Teori yang masuk akal menurut saya saat itu, jadilah saya berkeinginan membeli ram dual channel tersebut, tidak tanggung-tanggung saya ingin upgrade laptop dengan Ram Dual Channel 2x 4 GB. Namun ternyata mendapatkan Ram tersebut lumayan susah, cara pertama mendapatkannya ialah dengan mencari Ram yang sama persis dengan Ram Bawaan Pabrik laptop Hp 14-d012tu, dan saya gagal karena tidak ada yang sama persis dipasaran bahkan saya coba di e commerce pun nihil. Akhirnya menggunakan cara lain yang bisa dibilang ampuh, yaitu menanyakan langsung pada paman google. Tersebutlah dia menampilkan halaman e commerce sebut saja bhinneka.com, yang menawarkan satu produknya "Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB" fix ini yang harus ku ambil.


Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB
Dan inilah dia akhirnya upgrade Ram ddr3l dual Channel 2x4 GB, semoga dengan mengganti ram ini dapat mempercepat proses koding java di android studio.

Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB
 Namun seperti itulah, dengan mengganti Ram ini tentu menyisakan Sodimm yang tadi diganti, untuk itulah dari pada didiemin saja, saya berencana untuk menjualnya jadi bagi siapa saja yang mau menampung bisa memberikan penawaran di kolom  komentar dibawah ini, berikut spek Ram nya

Sodimm Lynx 12800s DDR 3, 2 GB
Sodimm Kingston 12800s DDR 3,  2GB

Kondisi masih mulus, aman.


1 Response to "Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!"

  1. I will visit daily your blog because I know. It may be very beneficial for me.Root

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel