Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!

Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!
Sebagai mahasiswa semester akhir, tentu banyak sekali kendala yang dihadapi. Dari tugas kuliah yang semakin menjadi-jadi sampai persiapan tugas akhir yang masih membuat linglung, bukan tidak bisa namun tidak tahu harus membahas apa disaat menyusun tugas akhir, khususnya bagi mereka yang kuliah di jurusan informatika. Dari berbagai macam niche tugas akhir yang ada, kemungkinan banyak yang memilih pemrograman web, bukan karena mudah dipelajari namun hal lain yaitu tidak membutuhkan spek komputer atau laptop yang mumpuni, istilahnya dengan Ram 2 atau 4 Gb saja konsep yang digagas sudah bisa running. Lantas bagaimana dengan niche tugas akhir yang lain misalnya pemrograman Mobile dalam hal ini mahasiswa diharuskan berperan sebagai android developers, dan kembali saya tekankan bukan pada cara bagaimana konsep yang kita buat diaplikasikan kedalam bahasa java namun lebih sebelum itu, mempersiapkan hardware sampai memilih IDE(Integrated Development Environment) untuk aplikasi mobile itu sendiri.
Saat ini ada beberapa IDE populer digunakan, Eclipse, Netbeans, dan Android Studio. dari beberapa IDE tersebut mungkin yang paling di sukai mahasiswa ialah Android Studio, tidak mengherankan memang jika dilihat dari jumlah tutorial yang beredar diinternet rata-rata membahas android studio, namun dari segi spek hardware yang harus digunakan juga lumayan, berikut spek minimum android studio :
  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (32- or 64-bit)
  • 3 GB RAM minimum, 8 GB RAM recommended; plus 1 GB for the Android Emulator
  • 2 GB of available disk space minimum,
  • 4 GB Recommended (500 MB for IDE + 1.5 GB for Android SDK and emulator system image)
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
Namun memang benar dengan spek tersebut android studio dapat running, akan tetapi sebagai pengguna harus sangat sabar, bukan karena memikirkan kodingan, tapi sabar berperan sebagai kura-kura yang berlomba dengan kelinci.

Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!
Untuk mengatasinya tentu hal pertama yang dilakukan ialah meng-upgrade hardware anda saat ini, tapi apanya yang harus di upgrade. Hardware yang paling lumayan terjangkau ialah RAM atau Sodimm untuk laptop, awalnya saya berpikir agar mengganti unit laptop yang baru saja, dengan laptop keluaran terbaru sudah pasti spesifikasinya lebih tinggi, tapi itu dia harganya pun pasti terbilang tinggi juga. Oleh karena itu mending upgrade RAM nya saja lah.
Harga pasaran untuk RAM laptop ddr3 saat ini sangat bervariasi tergantung kapasitas berapa Gigabyte yang dibutuhkan dan tempat dimana anda membelinya. harga pasaran untuk Ram 2 GB ddr3 biasa merk kingston berkisar antara Rp. 200 - 250 Rb perkepingnya, akan tetapi setelah browser sana sini mengenai ram, akhirnya saya menemukan artikel yang kembali membuat saya ragu, yaitu pembahasan mengenai ram dual channel, ram kembar yang konon performanya lebih dari ram single walaupun kapasitasnya lebih besar. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa Ram kembar dengan kapasitas masing-masing 4 GB, (2x4 GB) akan memiliki performa yang lebih cepat dari pada 1 keping ram 8 GB, Teorinya menurut artikel tersebut ialah seperti mobil-mobil yang masuk jalan toll, jika dua pintu toll dibuka maka proses masuknya kendaraan ke jalan tol akan lebih cepat dibandingkan hanya membuka satu pintu masuk.Teori yang masuk akal menurut saya saat itu, jadilah saya berkeinginan membeli ram dual channel tersebut, tidak tanggung-tanggung saya ingin upgrade laptop dengan Ram Dual Channel 2x 4 GB. Namun ternyata mendapatkan Ram tersebut lumayan susah, cara pertama mendapatkannya ialah dengan mencari Ram yang sama persis dengan Ram Bawaan Pabrik laptop Hp 14-d012tu, dan saya gagal karena tidak ada yang sama persis dipasaran bahkan saya coba di e commerce pun nihil. Akhirnya menggunakan cara lain yang bisa dibilang ampuh, yaitu menanyakan langsung pada paman google. Tersebutlah dia menampilkan halaman e commerce sebut saja bhinneka.com, yang menawarkan satu produknya "Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB" fix ini yang harus ku ambil.


Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB
Dan inilah dia akhirnya upgrade Ram ddr3l dual Channel 2x4 GB, semoga dengan mengganti ram ini dapat mempercepat proses koding java di android studio.

Ram Croshair Vengeance Dual Channel ddr3l 2x4 GB
 Namun seperti itulah, dengan mengganti Ram ini tentu menyisakan Sodimm yang tadi diganti, untuk itulah dari pada didiemin saja, saya berencana untuk menjualnya jadi bagi siapa saja yang mau menampung bisa memberikan penawaran di kolom  komentar dibawah ini, berikut spek Ram nya

Sodimm Lynx 12800s DDR 3, 2 GB
Sodimm Kingston 12800s DDR 3,  2GB

Kondisi masih mulus, aman.


Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

12 komentar untuk "Menggunakan Android Studio di laptop dengan Ram 2 GB, lancar!"

  1. I will visit daily your blog because I know. It may be very beneficial for me.Root

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you for the appreciation, for visiting my blog

      Hapus
  2. I found so many interesting stuff in your blog especially its discussion. From the tons of comments on your articles, I guess I am not the only one having all the enjoyment here! keep up the good work... best travel laptops under 500

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you for the positive comments, I became more enthusiastic about writing.
      Your blog is also very good, providing information that everyone needs, especially for those who are looking for laptop price references.

      Hapus
  3. I’m going to read this. I’ll be sure to come back. thanks for sharing. and also This article gives the light in which we can observe the reality. this is very nice one and gives indepth information. thanks for this nice article... how to allocate more ram to minecraft

    BalasHapus
  4. Thank you for your post, I look for such article along time, today i find it finally. this post give me lots of advise it is very useful for me. air quality sensor

    BalasHapus
  5. Excellent Blog! I would like to thank for the efforts you have made in writing this post. I am hoping the same best work from you in the future as well. I wanted to thank you for this websites! Thanks for sharing. Great websites! game apk download

    BalasHapus
  6. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus

You are welcome to share your ideas with us in comments!