Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Badminton Man part 2

kembali lagi kita akan membahas mengenai pelatihan Badminton, apakah pembaca tengah melakukan pelatihan badminton pada part 1 yaitu lari pagi dan skiping..? bagai mana sudahkah terbiasa dengan rutinitas hariannya itu, jika sudah maka disini kembali penulis akan menjelas kan step selanjutnya dari pelatihan kita ini. perlu diingatkan step-step yang akan saya jelaskan selanjutnya mungkin jauh hubungannya dengan teknik dan cara bermain  badminton, hanya berupa latihan fisik semata namun itulah pondasi utama dari permainan badminton sodara. karena walau bagaimanapun, sehebat apapun seorang pemain badminton tidak akan lepas dari latihan fisik dasar ini.
langsung saja setelah kita terbiasa dengan rutinitas pagi hari kita beru pa lari pagi sejauh 2 km dan loncat skiping disini kita akan menambah kan rutinitas lainnya yaitu Sit UP, Back Up dan Push Up

  • Sit UP
Sit up ini berguna untuk memperkuat otot perut dan fleksibilitas pinggul, Jangan melakukan sit up dengan cara kaki lurus. Karena akan menempatkan kekuatan besar pada otot iliopsoas yang mengakibatkan lengkungan di punggung. Sit up dengan cara lutut lurus juga dapat mengakibatkan kerusakan pada ligamen dan sendi.

Cara melakukan sit up:
  1. Tekuk lutut kurang lebih 45 derajat sementara posisi badan dalam keadan berbaring di lantai. Tempel telapak kaki pada lantai. Letakkan jari di belakang kepala atau di dada.
  2. Kaki menutup, menempel satu sama lain
  3. Sebelum melakukan sit up, usahakan otot lengan dan leher di lemaskan
  4. Angkat tubuh bagian atas secara perlahan-lahan. Perut dan dada harus sampai menyentuh paha
  5. Turunkan tubuh bagian atas secara perlahan-lahan. Ketika turun kepala tidak boleh menyentuh lantai, tetapi pundak harus menyentuh lantai.
  6. Atur nafas
  7. Tetap menjaga agar lengan dan kaki dalam keadaan relaks.
  • Back Up
Back UP berguna untuk membakar lemak perut dan menguatkan otot perut, karena otot perut digunakan sebagai tumpuan.

 Tips Back Up yang benar:

  1.  Posisi tubuh tengkurap
  2.  Posisi tubuh lurus
  3.  Kaki juga dalam keadaan lurus
  4.  Tempatkan masing-masing tangan di samping menyentuh dengan telinga
  5.  Gerakan tubuh bagian atas naik dan turun secara perlahan
  6.  Ketika naik posisi tubuh harus naik maksimal
  7.  Atur nafas pada saat posisi tubuh di naikkan dan di turunkan
  • Push Up 
Push Up berguna untuk Untuk menguatkan otot dada, latihan Push Up menjadi salah satu alternatif. Push up juga dapat menguatkan otot bisep maupun trisep. 

Push Up dapat di kombinasikan dengan:
  1. Mengubah jarak antar telapak tangan
  2. Telapak tangan yang menyentuh lantai dapat diubah. Telapak tangan dapat di buka mengepal, menggunakan jari atau punggung tangan.
  3. Mengubah jarak antar kaki
  4. Letak dari ketinggian kaki dapat diubah. Penambahan ketinggian dapat menggunakan alat bantu seperti kursi, atau pun kaki yang satu ditingihkan ke kaki yang lain.

Bentuk latihan Push Up ada beberapa jenis,
  1. Isometris Push up, Jenis ini serupa dengan push up pada umumnya.Jenis ini pula yang sering di lakukan.
  2. Incline Push Up, Push Up jenis ini di lakukan dengan cara posisi badan lebih tinggi dari kaki.
  3. Decline Push Up, Push Up jenis ini di lakukan dengan cara posisi kaki lebih tinggi dari biasanya.

Mungkin untuk sementara ini itu saja latihan lanjutan yang harus dijadikan rutinitas setiap hari, guna melatih tubuh untuk menjadi seorang pemain badminton.
1. lari 2 km 
2. loncat Skiping
3. Sit Up, Back Up dan Push Up
dilakukan setiap hari agar menjadi rutinitas pembaca sekalian.
dan jangan lupa stretching/peregangan sebelum memulai latihan.
terima kasih
sumber :
https://www.pbdjarum.org/klub/tips-latihan/1/850b39c7fcde2c79c2/teknik-latihan-bulutangkis-edisi-14-sit-up
https://www.pbdjarum.org/klub/tips-latihan/1/ea16b88a4fa894017e/teknik-latihan-bulutangkis-edisi-15-back-up
https://www.pbdjarum.org/klub/tips-latihan/1/aff890f3cb0100e8b7/teknik-latihan-bulutangkis-edisi-13-push-up 
Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

1 komentar untuk "Badminton Man part 2"

You are welcome to share your ideas with us in comments!