Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Pesona Adventure 2018

Kegiatan Pesona adventure
Permainan masa kecil yang menyisakan pengalaman tersendiri ini kini kembali diangkat oleh para pemuda karang taruna yang mendapat tugas sebagai panitia peringatan hari kemerdekaan RI ke 73 dilingkungan RW 15 Perumahan Pesona. Dalam memeriahkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, RW di Perumahan Pesona daerah Cilebut barat melaksanakan kegiatan Pesona Adventure. Pesona Adventure yang diadaptasi dari kegiatan yang biasa dikenal dengan mencari jejak, bahasa kerennya treasure hunt atau scavenger hunt ini dilaksanakan pada hari Minggu 19 Agustus 2018, diikuti oleh semua Rukun Tangga di RW 15 Perumahan pesona, yang setiap RT nya diwakilkan dengan 1 kelompok berjumlah 15 orang, Pria/Wanita, tua dan muda. Kegiatan ini tentu menjadi ajang nostalgia para orang tua yang ikut dalam kelompok antar RT tersebut.
Kegiatan pesona Adventure
Mengenai jalur teritori sendiri hanya berkisar didalam lingkup Rukun Warga 15, atau sekitar Perumahan Pesona saja, jadi tidak terlalu melelahkan namun tanpa mengurangi rasa kebersamaan yang ada.  

Kegiatan Pesona Adventure

Kegiatan Pesona Adventure
Beberapa manfaat dari permainan mencari jejak adalah:

Melatih ketahanan fisik. 
Permainan ini mau tidak mau memaksa anak untuk bergerak dan banyak berjalan karena harus pergi dari titik satu ke titik lain yang lain.

Meningkatkan kemampuan eksplorasi. 
Kegiatan ini membantu anak mengenali sebuah daerah tertentu, membuat anak mampu beradaptasi di tempat baru dan menemukan hal-hal yang menarik di tempat tersebut.

Mempertajam kemampuan navigasi. 
Kegiatan ini juga bisa dipakai untuk membantu anak mengenali arah jalan, meningkatkan kemampuan mereka dalam mengikuti petunjuk, membaca peta, menghitung jarak, merancang langkah, mengingat jalur yang sebelumnya diambil, mempelajari kompas (kalau sekarang ditambah mengenali cara pakai GPS), melihat dari matahari, menjaga agar tidak tersesat, dll.

Membangun kerja sama tim.
Jika kegiatan ini dilakukan beregu, maka anak akan belajar berkolaborasi, bekerja sama, membangun suasana perjalanan yang asyik, mempelajari cara memecahkan masalah jika timbul di antara mereka, melatih jiwa kepemimpinan & tanggung jawab.

Meningkatkan kepercayaan diri. 
Melalui proses berlatih kemampuan berinteraksi dengan orang baru, memahami sebuah daerah baru, kemampuan adaptasi dalam daerah baru, maka anak-anak akan meningkat kepercayaan dirinya bahwa mereka akan mampu bertahan dalam kondisi dan situasi apapun.

Memperluas pengetahuan umum.
Permainan ini merupakan cara efektif untuk memperkenalkan sebuah topik baru kepada anak, menjadi cara asyik untuk memperkenalkan tentang sejarah, budaya, seni, tempat-tempat bersejarah. Banyak hal yang lebih mudah diingat anak karena mereka merasakan, tak hanya sebatas pengetahuan saja.

Merangsang kemampuan berfikir anak. 
Ketika kegiatan ini dibuat beregu atau pertandingan antar regu, maka anak akan tertantang menggunakan ketrampilan dan pengetahuan mereka untuk berfikir logis dan kreatif serta melatih anak  menentukan prioritas.

Mengajarkan tanggung jawab. 
Kegiatan ini mengajarkan anak untuk mendengarkan, menyimak, mencari, merencanakan strategi & membuat keputusan bersama sehingga anak belajar menerima konsekwensi dari apa-apa yang menjadi pilihan mereka.

Meningkatkan kebahagiaan. 
Kegiatan ini bisa meningkatkan suasana hati karena biasanya penuh kegembiraan. Aku ingat selalu semangat dalam mengikuti kegiatan seperti ini, karena buatku yang penting jalan bareng temen dan berkegiatan bersama.

Meningkatkan interaksi sosial. 
Tak jarang, kegiatan ini memaksa anak untuk keluar dari zona nyaman mereka karena kegiatan itu biasanya berada di daerah baru, apalagi jika dilakukan dengan orang-orang baru dan anak harus bisa beradaptasi untuk dapat berinteraksi dengan sesama anggota tim untuk memastikan tujuan tim terpenuhi.

sumber : rumahinspirasi.com

Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Kegiatan Pesona Adventure 2018"