Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Postingan blog terbuka di tab baru otomatis

Postingan blog terbuka di tab baru otomatis
Ini pengalaman saya, mungkin memang sudah kebiasaan jika ada permasalahan yang menyangkut teknologi atau apapun bahkan mengenai koding html nya blog pasti yang di tanya paman google, dan memang si paman ini merupakan search engine ter populer saat ini, namun sepertinya si paman google ini sudah mulai tua mungkin pikun atau memang bagaimana, pasalnya beberapa hari kemarin saya sedang membutuhkan jawaban atas pertanyaan "cara membuat postingan terbuka di tab baru", si paman malah menjawab berbeda, sebenernya sih gak beda-beda amat karena hasil pencariannya masih mengenai link yang terbuka otomatis di tab baru,  tapi seluruh link, yang saya minta kan hanya di postingan saja, daftar postingan, daftar artikel, main blog, apa lagi ya istilahnya main post, yah seperti itulah., dan karena keselnya saya jadi beranggapan tidak sesuai dengan yang saya minta, lalu saya coba bertanya di group blogger lewat facebook group, dan diberi jawaban "lewat tata letak => main blog",  nah loh, itu settingan disebelah mananya.
Mungkin saya perlu bercerita kenapa saya ingin membuat artikel saya terbuka di tab baru, begini.
saya ingin membuat sebuah blog yang isinya merupakan album photo yang terkoneksi dengan google photos (photos.google.com), memang untuk meng embed album photo di google photo itu hampir tidak mungkin (jangan saranin saya pake iframe, karena saya g tahu caranya, kecuali anda kasih tutorialnya), berbeda dengan picasa online yang populer di jaman old dimana banyak sekali web online yang bisa membuatkan (generate) embed kode dari album picasa, namun kini sepertinya google lebih memprivasi layanan nya. dan sangat disayangkan.
Seperti yang kita tahu untuk share album di google photos hanya bisa melalui link albumnya saja yaitu dengan menjadikan link tersebut publik alias non privat, lalu kita share atau sisipkan link tersebut pada postingan blog yang akan redirect ke album google photo, bentuk kodingannya seperti ini

"<meta http-equiv="refresh" content="0;URL=https://photos.app.goo.gl/xN32LMfSko7M3ihf6" />"

Koding diatas jika di taro di bawah <head> lewat edit html akan mengalihkan blog kita ke link yang di tuju (warna kuning) karenanya saya menyisipkan kodenya di dalam postingan.
Namun masalahnya, kita kembali kemasalah sekarang. Jika saya menyisipkan kodenya di dalam postingan, begitu postingannya di buka maka blog saya akan langsung dialihkan ke link di atas (warna kuning), alhasil ditinggalkan nyalah blog saya, itulah kenapa saya ingin supaya postingan saya ini bisa terbuka di tab baru, agar yang dialihkan ialah postingan yang terbuka di tab baru tadi, jadi blog album saya tetep eksis.
Namun Seperti yang saya ungkapkan tadi di mesin pencari google, dari halaman pertama sampai ketiga semuanya membahas tentang "semua link yang terbuka di tab baru secara otomatis".

Lalu apa masalahnya, bukankah sama saja, postingannya akan terbuka di tab baru juga..?

Masalahnya ialah jika semua link terbuka di tab baru, menu navigasi, label, postingan populer dan lain sebagainya pun akan sama, terbuka di tab baru. Alhasil bukannya si pengunjung blog akan nyaman baca artikel,  malah nantinya akan diribetkan, karena browsernya penuh dengan link dari blog yang sama. 

Dari semua tutorial yang saya baca di pencarian google itu caranya hampir sama semua, yaitu dengan  <base target="_blank"/> yang di taro di atas </head>. Namun sekali lagi itu, bukan itu yang saya inginkan.
Hingga, saya beputus asa untuk bertanya sana sini, lalu berbekal pengetahuan, bahwa membuka link di tab baru itu biasanya hanya menggunakan target="_blank , saya pun mencoba otak atik edit html mencari kode data post yang mungkin jika ditambahkan kode tersebut akan membuat postingan saya terbuka di tab baru. 
Dan benar saja cara itu Berhasil . berikut bagian yang saya tambahkan target="_blank.

<!-- Index Post Content -->
              <div class='post-content'>
                <div class='post-image-wrap'>
                  <a class='post-image-link' expr:href='data:post.url' target='_blank' >

dan akhirnya bisa juga membuat main post terbuka di tab baru.
saya tidak tahu cara ini bisa berfungsi di blog dengan template berbeda apa tidak, saya sendiri menggunakan template gratisan Phorto, bisa di download dari link berikut  :

Berikut demo yang sudah saya buat



  
Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Postingan blog terbuka di tab baru otomatis"