Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental, Masa sih?


Selamat malam para Pembaca, ada berita terbaru yang saat ini sedang banyak di perbincangkan oleh para netizen khususnya Gamer tanah air. hal ini mengenai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  yang menetapkan kecanduan game (game disorder) sebagai penyakit gangguan mental. Game yang dimaksud ialah berbagai jenis permainan yang dimainkan sendiri maupun dengan orang lain termasuk  game online.  Namun jangan panik dulu, karena bukan berarti semua permainan bersifat adiktif dan menyebabkan gangguan mental . Menurut WHO "Bermain game disebut sebagai gangguan mental hanya apabila permainan itu mengganggu atau merusak kehidupan pribadi, keluarga, sosial, pekerjaan, dan pendidikan". 

"Sudah banyak cukup bukti yang menunjukkan kecanduan game dapat menimbulkan masalah kesehatan".  Tulis WHO dalam situs resminya.
Dirangkum Science Alert, Selasa (19/6/2018), ada tiga hal yang harus terpenuhi agar kecanduan game disebut sebagai suatu penyakit. 
  • Pertama,  seseorang tidak bisa mengendalikan kebiasaan bermain game.
  • Kedua, seseorang mulai memprioritaskan game di atas kegiatan lain. 
  • Ketiga, seseorang terus bermain game meski ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat.
WHO mengatakan, ketiga hal ini harus terjadi atau terlihat selama satu tahun sebelum diagnosis dibuat. Jadi jika tiga hal di atas belum terpenuhi dalam waktu satu tahun, berarti anda aman. 

Berkaitan dengan kecanduan game, WHO memasukkannya ke daftar "disorders due to addictive behavior" atau penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan atau kecanduan dalam versi terbaru International Statistical Classification of Diseases (ICD), Senin (18/6/2018. ICD merupakan sistem yang berisi daftar penyakit berikut gejala, tanda, dan penyebab yang dikeluarkan WHO.

Sumber artikel berasal dari Kompas.com dengan judul "WHO Resmi Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental",
https://sains.kompas.com/read/2018/06/19/192900123/who-resmi-tetapkan-kecanduan-game-sebagai-gangguan-mental. 
Penulis : Gloria Setyvani Putri
Editor : Gloria Setyvani Putri

Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental, Masa sih?"