Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Gigi susu perlu di tambal ?

Bicara mengenai gigi, maka kita membicarakan salah satu aset berharga yang kita miliki. Mengapa demikian, bisa dikatakan gigi merupakan aset yang sangat berharga karena secara tidaklangsung gigi merupakan bagian dari tubuh dengan banyak kegunaan, disamping sebagai alat menghaluskan makanan sebelum masuk melewati tenggorokan lalu ke perut, gigipun menjadi tampilan yang memperindah diri kita, karena dengan gigi yang bagus sudah dapat dipastikan pandangan orang kepada kita akan baik, misal dalam hal kebersihan. Dengan mempunyai gigi yang bagus lagi baik sudah mencerminkan bahwa kita ialah orang yang peduli akan kebersihan. 
pengalaman ialah guru yang baik mendasar pada kesehatan gigi tentu pernah ketika kecil merasakan sakit gigi, atau mungkin anak kita saat ini sedang mengalaminya, itu akan menggangu tumbuh kembang si anak. Hal ini banyak dijumpai pada anak dengan gigi susu, dikarnakan lapisan email giginya masih tipis dibanding kan dengan gigi permanen, tentu hal ini menjadikan si anak sangat rentan terhadap sakit gigi, ditambah sisa makanan yang tidak dibersihkan akan mempercepat produksi asam dimulut membuat gigi mudah keropos/bolong. berikut penjelasan yang saya dapat di https://www.dokterbabe.com :

Penanganan gigi berlubang pada anak dilakukan dengan membersihkan bagian gigi yang rusak kemudian melakukan proses tambal gigi susu. Terlepas dari biaya tambal gigi pada anak, benarkah gigi susu perlu ditambal?

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa gigi susu berlubang pada anak tidak perlu ditambal. Alasannya karena gigi susu akan lepas dan tergantikan dengan gigi permanen. Namun, nyatanya gigi berlubang yang dibiarkan dan tidak segera ditangani bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.
Gigi Susu dan Gigi Permanen

perbedaan gigi susu anak
Gigi susu pada anak memiliki struktur yang berbeda dengan gigi permanen - dokterbabe

Sebelum melakukan penambalan. Bunda, ketahui terlebih dahulu perbedaan gigi susu dan gigi permanen.

Gigi terdiri dari beberapa bagian. Bagian yang membedakan gigi susu dengan gigi permanen terletak pada ketebalan lapisan terluar gigi (enamel atau email) dan rongga gigi (pulpa).

Lapisan email atau lapisan terluar pada gigi susu lebih tipis dibandingkan gigi permanen. Sedangkan pulpa yang merupakan bagian paling dalam dari gigi, lebih tebal pada gigi susu. Perbedaan tersebut menyebabkan gigi susu lebih rapuh daripada gigi permanen.
Prevalensi Karies Gigi pada Anak

tambal gigi susu dokterbabe
Prosedur tambal gigi susu dapat membantu anak menangani nyeri yang mengganggu - dokterbabe

Umumnya, gigi berlubang pada anak terjadi karena adanya karies. Karies gigi adalah proses rusaknya lapisan gigi karena asam yang dikeluarkan oleh bakteri. Bakteri dalam mulut dapat meningkat jika terdapat banyak sisa makanan.

Jika kebersihan mulut tidak dijaga, plak gigi akan mengeras dan merusak gigi dari luar hingga ke bagian pulpa. Gigi susu berlubang karena anak-anak tidak menjaga kebersihan mulut dan giginya dengan baik sehingga terjadi pembentukan lubang gigi atau karies.

Baca Juga: Ragam Obat Sakit Gigi Alami Yang Bisa Dicoba Di Rumah
Pentingnya Tambal Gigi Susu pada Anak

tambal gigi pada anak dokterbabe
Amalgam merupakan salah satu bahan tambal gigi susu  - dokterbabe

Sama halnya dengan gigi permanen, tambal gigi menjadi salah satu solusi untuk menangani gigi susu yang berlubang. Berikut ini manfaat melakukan tambal gigi pada gigi susu yang berlubang:

    Menenangkan Anak


Bagian pulpa gigi mengandung sel-sel saraf yang jika terbuka dan mendapat tekanan akan langsung terasa nyeri. Kasus gigi susu yang berlubang sangat parah dapat mengikis seluruh lapisan email gigi dan tulang gigi. Akibatnya, pulpa menjadi tidak terlindungi dan terasa nyeri.

Saat nyeri tersebut dirasakan anak Anda, dia akan menangis, tidak nafsu makan hingga mengalami sulit tidur. Obat antinyeri (analgesik) seperti ibuprofen atau paracetamol mungkin dapat membantu meredakan nyeri sementara. Tetapi rasa sakit tersebut akan terus muncul selama gigi berlubang tidak ditangani.

    Menjaga Kesehatan Anak

Rongga gigi (pulpa) yang dibiarkan terbuka dan tidak terlindungi akan menyebabkan banyak gangguan pada anak Anda.

Pertama-tama anak Anda akan mengalami kesulitan mengunyah makanan, menurunkan kemampuan bicara anak, nyeri saat mengunyah, bau mulut dan mengalami pembengkakan gusi. Hal tersebut bisa membuat anak Anda malas makan dan kekurangan asupan nutrisi.

    Konsultasi Dokterbabe


    "siang dokter.. apakah ada dampak buruk dari menelan pasta gigi? seperti mual, muntah, atau pusing" ?"

Jawaban Dokter

Pada kasus yang lebih parah, lubang pada gigi bisa menjadi jalan masuknya bakteri penginfeksi dan menyebabkan penyakit lain pada tubuh anak Anda. Mengapa demikian?

Bakteri akan masuk ke dalam sirkulasi darah dan beredar ke seluruh tubuh serta masuk ke dalam organ-organ tubuh lain. Bakteri bisa berkembang dan mengganggu fungsi normal organ-organ tersebut. Salah satu tanda bahwa anak Anda mengalami infeksi adalah terjadinya demam tinggi.
Prosedur Tambal Gigi Susu pada Anak

tambal gigi pada anak dokterbabe
Sebelum tambal gigi susu dilakukan, dokter akan memberikan anestesi terlebih dahulu - dokterbabe

    Menentukan Letak Kerusakan pada Gigi


Langkah awal yang dilakukan adalah menentukan struktur gigi dan letak kerusakannya. Umumnya metode yang digunakan adalah X-ray. Struktur dalam gigi seperti akar gigi dan kedalaman lubang gigi pada anak Anda perlu diketahui oleh dokter.

Selain itu, dokter gigi juga akan melihat adanya pembentukan kantung atau benjolan berisi nanah (abses) pada ujung akar gigi.

    Pengobatan

Setelah mengetahui tingkat kerusakan pada gigi anak Anda. Dokter akan mengobati gigi yang memiliki abses sebelum melakukan proses tambal gigi susu. Proses tambal gigi susu baru dilakukan setelah abses (pembengkakan disertai adanya nanah) sembuh total.

Baca Juga: Ragam Cara Mengobati Gigi Berlubang Sesuai Keparahannya

    Membersihkan Karies Penyebab Gigi Berlubang

Proses anestesi sebelumnya dilakukan karena dokter harus mengebor gigi dan membentuk cukup ruang sebagai tempat penambahan bahan tambal gigi. Proses pengeboran juga berfungsi untuk mengangkat kotoran, plak dan karies gigi serta bagian gigi yang rusak.

    Penambalan Gigi

Setelah bagian gigi yang rusak dibersihkan. Gigi anak Anda akan dicetak untuk dan dibuatkan bentuk tambalan yang sesuai sehingga mudah digunakan untuk menggigit. Bagian yang bolong akan ditambal dengan proses yang steril.
Bahan Tambal Gigi Susu yang Biasa Digunakan

bahan tambalan gigi
Bahan tambal gigi susu dapat berupa logam atau resin komposit - dokterbabe

Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk menambal gigi susu dan gigi permanen tidak jauh berbeda. Hanya saja karena gigi susu bersifat sementara, tambalan yang mahal seperti porselen dan emas tidak umum dan tidak disarankan untuk digunakan.

Berikut pilihan bahan tambal gigi susu pada anak:

    Logam

Tambalan logam atau biasa dikenal dengan amalgam. Amalgan terdiri dari beberapa campuran logam termasuk di dalamnya logam perak. Bahan tambalan ini, paling umum digunakan karena sifatnya yang kuat.

Selain itu, proses penambalan menggunakan amalgam cenderung menggunakan waktu yang singkat serta harga lebih murah jika dibandingkan dengan komposit.

Kekurangan dari bahan ini salah satunya adalah warna silvernya yang kontras dengan warna gigi dan adanya kandungan merkuri. Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi apakah anak dapat menggunakan bahan amalgam.

Baca Juga: Senyum Makin Indah Dengan Cara Membersihkan Karang Gigi

    Resin Komposit

Resin komposit atau yang dikenal juga sebagai white filling, terdiri dari bahan yang memiliki warna putih menyerupai gigi. Hasil yang diberikan terlihat lebih natural jika dibandingkan dengan amalgam.

Kelemahan menambal dengan bahan resin komposit ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dan proses pengerjaan yang lebih rumit dibandingkan amalgam.

Proses yang lama ini cenderung menyulitkan karena anak-anak yang aktif, mudah bosan dan sulit diberikan instruksi di satu tempat.

Selain itu, kelemahan lainnya adalah jika kerusakan terjadi antar gigi, ada kemungkinan kerusakan pada gigi yang telah ditambal akan timbul kembali. Jika hal ini terjadi maka tambalan harus diganti dengan yang baru.

    Konsultasi Dokterbabe

    "Siang dok! sepertinya gigi saya berlubang dan cukup parah, karena sakit banget. nyembuhin yang ga perlu ke dokter sama ga minum obat ada ga dok?"

Jawaban Dokter

Kesehatan gigi anak sangat memengaruhi tumbuh kembangnya. Walaupun tambal gigi susu pada anak sudah dilakukan, tetap latih anak Anda untuk terbiasa menyikat gigi.

Rutin mengunjungi dokter gigi selama 6 bulan sekali juga perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan dan perawatan gigi. Jangan ragu untuk menjaga kesehatan gigi anak Anda sejak dini ya!
Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

2 komentar untuk "Apakah Gigi susu perlu di tambal ?"

  1. Sebenarnya tuh yg bikin pusing, kalau anak suka makan tapi males gosok gigi. trus ntr gigi susu nya pada gropos da T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul juga, anak sayapun pernah seperti itu, namun tetap saya paksa untk gosok gigi, dengan iming-iming ada mosnter di mulut nyadll. bahkan tidak jarang saya yang bantu gosok gigi nya.

      Hapus

You are welcome to share your ideas with us in comments!