Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kode CNAME Yang Hilang Saat Custom Domain (Domainesia)

Custom domain adalah merubah blog akhiran blogspot menjadi sebuah blog profesional dengan akhiran domain TLD. Misalnya blogsaya.blogspot.com menjadi blogsaya.net atau blogsaya.id. Untuk melakukan custom domain blogger/ blogspot bisa ikuti Cara Custom Domain Blogger Melalui Client Area. Nah, untuk melakukan custom domain pastikan kamu sudah mendapatkan host unik dan kode CNAME unik dari Blogger ya. Bagaimana jika lupa? Tenang saja, kamu bisa dapatkan kode unik tersebut dengan mengikuti panduan berikut. Kamu bisa ikuti cara mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain berikut.

Adapun cara mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain adalah,

1.Login ke Blogger

Silakan login ke akun blogger/ blogspot kamu. Kemudian klik menu Pilih Setelan kemudian klik Dasar. Klik pada bagian Alamat Blog klik Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda. Tuliskan nama domain , pastikan menggunakan www lalu klik Simpan.

custom domain ke blogger

2.Mengembalikan Kode CNAME

Tunggu sebentar hingga muncul host unik dan kode CNAME unik dari Blogger. Masih ingat kan, kamu harus copy kode CNAME tersebut dimana? Ya, kamu harus copy kode tersebut di halaman Client Area DomaiNesia (my.domainesia.com). Silahkan klik Menu Domains lalu pilih tab Settings. Kemudian anda akan menemukan gambar seperti berikut. Untuk itu, anda cukup memasukkan host unik dari google dan record unik dari google pada kolom yang Kami sediakan di halaman client area (my.domainesia.com) . Kemudian klik Save.

cara mengembalikan kode cname yang hilang

Bagaimana Apabila Tidak Menemukan Kode CNAME?

Tenang saja. Kamu bisa menemukan CNAME record blogger dengan cara berikut:

1.Mengakses Webmaster Central (Google Console)

Langkah pertama apabila kamu tidak menemukan kode CNAME adalah kamu bisa mengakses Webmaster Central melalui https://www.google.com/webmasters/verification/details

2.Memilih Domain

Setelah berhasil mengakses Webmaster Central, nama domain yang telah kamu daftarkan dalam custom domain blogger akan ditampilkan. Silakan klik Verification details pada domain yang akan kamu lihat kode CNAME nya.

cara mengembalikan kode cname yang hilang

3. Melihat Kode CNAME Record

Untuk melihat kode CNAME record, kamu bisa klik Unverify pada kolom Verified Owners.

Kemudian akan ditampilkan kode CNAME record pada domain yang kamu pilih di tahap 2.

Kesimpulan

Cara mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain cukup mudah. Hampir sama dengan memperoleh kode CNAME, kamu bisa dapatkan kode tersebut melalui blogspot. Custom domain dapat dilakukan semua orang secara gratis asal memiliki domain. Ada beberapa ekstensi domain .COM, .NET atau lainnya yang bisa kamu gunakan. Sekarang tidak ada alasan lagi buat kamu nggak punya website profesional. Berbekal blogspot, kamu bisa bangun website dengan branding sendiri

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kode CNAME Yang Hilang Saat Custom Domain (Domainesia)"