Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan antara IP Statis dan Dinamis


Perbedaan antara IP Statis dan Dinamis terletak pada durasi alamat IP yang ditentukan. IP statis adalah alamat IP yang ditetapkan secara manual ke perangkat untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, alamat IP dinamis sering berubah setiap kali pengguna mem-boot pada mesinnya, dan  secara otomatis diatur.

Definisi IP Statis

IP statis diperbaiki dan tidak akan berubah kecuali diubah secara manual oleh administrator jaringan. IP mmodel statis  tidak akan berubah meskipun setiap kali pengguna tersambung ke jaringan atau mengirim pesan. Biasanya ditugaskan ke server, server email, dll..

Ketika host dikonfigurasi dengan alamat IP statis, proses ini mencakup workstation pada jaringan menggunakan pengap IP statis dan mengakses elemen jaringan yang diinginkan secara langsung. Mengatasi IP statis memberikan akses langsung yang konsisten dan dengan overhead yang dapat diabaikan karena alamat IP terkait tidak pernah berubah. Keuntungan menggunakan IP statis adalah memberikan waktu henti yang lebih sedikit, tidak seperti IP dinamis yang menghasilkan overhead ketika ditetapkan ke perangkat. Ini juga menyediakan akses jarak jauh, yang berarti pengguna dapat mengakses komputer mereka sendiri dari lokasi mana pun.

Definisi IP Dinamis

IP Dinamis biasanya dikonfigurasi pada perangkat yang menggunakan protokol dhcp,  dan sering mendapatkan perubahan. Server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) menggunakan sistem untuk melacak dan mencari informasi alamat IP yang terkait dengan elemen jaringan aktif. Alat yang digunakan untuk menerjemahkan umumnya dikenal sebagai Server Nama Domain (DNS).

Perbedaan Utama Antara IP Statis dan Dinamis

FixedstaticIP, yang berarti alamat IP yang tidak dapat diubah sampai pengguna ingin mengubahnya. Atau  sebaliknya,  IP Dinamis sering berubah jika setiap pengguna tersambung ke jaringan.

IP statis dikonfigurasi oleh ISP (Penyedia Layanan Internet) Anda sementara IP dinamis dapat dikonfigurasi menggunakan DHCP.

Risiko yang terkait dengan peretasan situs web besar di alamat IP statis selalu konstan. Sebaliknya,  ada   risiko rendah terkait pada alamat IP dinamis.

Ketika perangkat dikonfigurasi dengan alamat IP statis, perangkat dapat dilacak. Sedangkan dalam hal alamat IP dinamis, perangkat pelacakan sulit karena alamat IP selalu berubah.

Keuntungan dari IP Statis

1. Memperbaiki atau Tidak Dapat Disesuaikan  

Alamat IP tidak akan pernah berubah selama tidak ada yang mengubahnya, jika konfigurasi Alamat IP telah diterapkan secara manual ke komputer.

2. Stabilitas

     Komputer yang disetel secara statis tidak akan mengalami koneksi terbatas. koneksi terbatas terjadi jika komputer klien tidak menerima konfigurasi alamat IP dari server DHCP.

3. Untuk Penggunaan Khusus

Metode statis ini dapat diterapkan pada perangkat jaringan yang memiliki fungsi dan kegunaan khusus, seperti server, router, dll.. Jika alamat IP pada router berubah secara tiba-tiba,  klien akan secara otomatis berubah juga, seperti konfigurasi Gateway Default-nya.

Kerugian dari IP Statis

1. Tidak  Fleksibel

Pengaturan server tersebut dapat ditransfer dari satu perangkat ke perangkat lain, masih merupakan proses yang kompleks. Dan itu berarti pengguna VPN harus berurusan dengan banyak downtime.

2. Hampir Tidak Menawarkan Solusi

Alamat IP statis normal tidak dapat diubah. Nah, bayangkan saja jika IP dilarang di situs web tertentu. Kalian pada dasarnya akan terjebak dengan alamat IP itu.

3. Cukup Merepotkan  

Mengapa,mengapa? Karena fase pengaturan sama sekali tidak sederhana. Sebenarnya akan ada banyak pekerjaan yang terlibat, karena ini adalah proses yang sangat kompleks.

Keuntungan dari IP Dinamis

1. Keamanan yang Andal

Itu karena alamat IP kami akan berubah secara teratur.   Seperti yang terjadi,tidak ada kesempatan bagi siapa pun untuk mengawasi lalu lintas online kami.

2. User Friendly

Bagaimana bisa begitu? Yah, kita tidak perlu membuang waktu mencoba untuk mengkonfigurasi IP pada setiap perangkat klien secara manual, karena Server akan mengurus semua proses itu.

3. Tidak membutuhkan biaya terlalu banyak

Biaya penyedia Server DHCP lebih sedikit, karena menghemat energi dan waktu dalam administrasi IP. ini memungkinkan kami untuk menawarkan layanan dengan harga yang lebih baik.

Kerugian dari IP Dinamis

1. Sulit Mengidentifikasi Gangguan  

Jika ada masalah dengan thenetwork, kita akan kesulitan mengidentifikasi  ganguan  , karena kita tidak tahu di mana  IP berada di perangkat mana.

2. Maitenance  IPOmering Lebih Sulit

Pemeliharaan pada addressomering IP dinamis lebih sulit karena semua IP dinamis dan tidak tetap sehingga selalu dapat mengubah klien

3. Lebih Sulit Untuk Memeriksa Klien  

Kami akan mengalami kesulitan dan akan memakan waktu lama untuk melacak klien yang melakukan pelanggaran wewenang atau karena kami tidak dapat mengetahui dengan pasti di mana perangkat pemilik IP berada.

Kesimpulan

Jadi perbedaan antara Static dan Dynamic IP Address adalah, alamat IP dinamis lebih dapat diandalkan daripada statis karena menghilangkan proses konfigurasi manual yang memakan waktu. dan juga kurang rentan terhadap serangan karena perubahan toperiodik,  tidak seperti IP statis. Tetapi IP dinamis tidak cocok untuk IP Server karena tidak mungkin jika IP Server terus berubah. Pada dasarnya baik IP Statis maupun Dinamis sangat diperlukan dalam membangun jaringan.


Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk " Perbedaan antara IP Statis dan Dinamis"