Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gampang Banget, Cara Menyambungkan USB Keyboard dan mouse ke SMARTPHONE



Assalamu’alaikum wr wb
Bissmillahirrohmanirrohiim, 

Teman-teman kali ini saya akan, ngasih tutorial gimana cara nyambungin keyboard dan mouse ke perangkat android kalian, 

Namun sebelum nya, kita bahas mengenai kegunaan nya dahulu

Ngapain sih harus nyambungin keyboard ke android segala, buat apa, kan di android sudah ada virtual keyboard nya,..

Pertama tentu saja buat ngetik, 
disini bukan ngetik di chat whatsapp ya, tapi ngetik per Paragraf yang lumayan banyak contohnya buat bikin dokumen, atau buat mahasiswa yang laptopnya rusak bisa juga di gunain untuk bikin tugas kampus, selain itu berguna juga untuk blogger yang belum ada laptop, dan lebih bisa bikin artikel di smartphone mereka.

Kedua, ini juga merupakan solusi buat kalian yang ngedit video maupun gambar pake smartphone, dimana dengan menghubungkan smartphone ke keyboard dan mouse,  anda akan lebih leluasa mengontrol aplikasi editing khususnya video. Berasa kan pas mau split video kegedean jari.

Terakhir, nih buat main game, buat sobat para mobile gamer semisal PUBG atau Freefire, bisa merasakan main game selayaknya di PC, tentunya mempermudah permaian, namun disini kita harus install juga aplikasi octopus atau semacamnya untuk setting control keyboard dan mouse, dan ini bisa di download gratis di playstore.

Oke langusng kita eksekusi saja, 
Mengenai apa saja yang di perlukan
Pertama tentu saja keyboard, dan mouse.


Disini saya pakai keyboard dan mouse wireless dengan satu usb dongle, jadi dua perangkat satu usb dongle, bagi yang tidak ada sebenarnya bisa pake mouse keyboard apa saja, mau yang pake kabel pun tak masalah, namun  harus dihubungkan dahulu dengan USB hub. 

Bagi anda yang belum punya, karena sedang pandemic, anda bisa membelinya secara online, banyak toko online yang menjual keyboard dan mouse, dari yang termurah berkisar 50rb sampai yang ratusan ribu pun ada, tinggal kondisikan dengan keuangan anda. Jika punya saya, kemarin saya beli online di tokopedia merk Logitech MK215 seharga Rp.231.500 belum ongkos kirim.

Kedua , OTG kable, di pasaran harganya bervariasi harga termurah,  Rp.15rb. Saya sendiri pakai OTG USB 3.0 type C Menyesuaikan tipe lubang charger dari Ugreen seharga 50rb, di tokopedia.


Terakhir yang paling penting, itu smartphone Android, karena saya coba ini pake android, dan bukan iphone.
Bisa menggunakan type smartphone android apa saja, yang penting support OTG. 

Buat nge check smartphone anda support OTG atau tidak, anda bisa download aplikasi OTG?? Di playstore, kecil kok Cuma 1.5 mb. Disitu anda bisa check smartphone anda support atau tidak.

Saya sendiri menggunakan Smartphone M31 dari Samsung, Smartphone 64 mega pixel kamera, dengan ruang penyimpanan besar dan batere 6000 MAh.



Instalasi :
Pertama check dahulu samrtphone kalian support otg atau tidak menggunakan aplikasi OTG??
Kedua, Setelah memastikan bahwa smartphone kalian support OTG dengan aplikasi “OTG??“, selanjutnya masukan kabel/adafter OTG ke lubang charger, dilanjutkan dengan menyambungkan dongle keyboard dan mouse, bagi yang menggunakan keyboard dan mouse usb kabel, setelah memasukan OTG adafter ke lubang charger, harus di sambungkan dahulu ke USB HUB, baru sambungkan ke keyboard dan mouse tadi.

USB HUB


dari beberapa percobaan rata-rata berhasil, namun ada juga yang gagal, kemungkinan dari USB HUB nya. Namun bagi pengguna Keyboard dan Mouse Wireles, kemungkinan berhasilnya lebih besar.

itu saja tutorialnya

Selamat mencoba,..

Terima kasih.

Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Gampang Banget, Cara Menyambungkan USB Keyboard dan mouse ke SMARTPHONE"