Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya web sekolah, SMA PGRI Leuwiliang

Pentingnya web sekolah
Hal yang harus segera disadari oleh sekolah-sekolah saat ini ialah bahwa informasi seputar sekolah sangat penting untuk diketahui publik, alasannya karena di jaman seperti sekarang ini, dimana  informasi merupakan hal yang mudah di dapatkan juga paling dicari khususnya ketika mendekati tahun ajaran baru, orang tua/wali murid tentu akan mencari lalu memilih sekolah yang terbaik untuk anak-anak nya, dengan adanya web sekolah tentu akan lebih memudahkan mereka dalam me Review pendidikan di sekolah, fasilitas, tenaga pengajar dan lain sebagainya.
Pada era sebelum adanya teknologi internet, orang tua/wali murid mendapatkan informasi sekolah biasanya dari brosur yang di bagikan, bahkan tidak sedikit yang datang langsung ke sekolah hanya untuk mendapatkan informasi seputar sekolah yang di tuju, dapat dibayangkan berapa lama waktu dan biaya transfortasi yang dihabis kan hanya untuk mencari sekolah terbaik untuk anak-anak nya. Disamping berguna untuk memberikan informasi seputar sekolah, dalam hal ini penerimaan siswa baru, berikut beberapa tujuan serta manfaat web sekolah yang di kutip dari laman https://blog.nusantarahost.co.id.

Tujuan Membuat Website Sekolah
  • Mempermudah semua orang untuk mendapatkan informasi tentang sekolah.
Pembuatan website sekolah akan sangat memudahkan setiap orang yang ingin mengetahui informasi tentang sekolah. Dengan adanya website pada  sekolah pencarian informasi tentang sekolah dapat dilakukan dimana saja. Hal ini juga termasuk kepada hukum internet yang bisa dibuka dimana saja dan kapan saja dengan syarat ada jaringan Internet.
  • Solusi Berhubungan Dengan Alumni
Menghubungi Alumni atau hanya sekedar memberi informasi kepada alumni biasanya akan sangat sulit  dilakukan. Hal ini karena Sekolah biasanya  tidak memiliki kontak alumnoi secara lengkap. Kejadian seperti ini dapat diatasi dengan Website Sekolah. Sekolah hanya perlu memposting informiasi yang ingin disampaikan kepada alumni. Sehingga akan dengan mudah untuk diakses oleh para alumni.
  • Meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat
Mempunyai sebuah website akan sangat meningkatkan kredibilitas sekolah dimata masyarakat dalam kesungguhan meningkatkan kualitas pendidikan disekolah tersebut.
  • Tidak Ketinggalan Jaman

Dengan adanya website sekolah akan membuat citra sekolah yang mengikuti perkembangan jaman. Selain bermanfaat untuk pencitraan sekolah, adanya website sekolah juga akan membuat 0rang yang ada dilingkungan tersebut juga ikut berkembang.

Manfaat Website Sekolah
  • Sarana Informasi Murid Dan Wali Murid
Website Sekolah akan sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi yang perlu diketahui oleh murid dan juga wali murid. Dengan cara ini juga akan mengurangi resiko penyelewengan informasi yang sering terjadi.
  • Memaparkan Prestasi
Website Sekolah juga dapat digunakn sebagai sarana untuk memaparkan prestasi yang dimiliki sekolah. Hal ini juga akan meningkatkan kredibilitas sekolah dimata masyarakat. Dengan demikian akan lebih menarik minat untuk bersekolahb disekolah tersebut.
  • Galeri Foto Sekolah
Dokumentasi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah instansi pendidikan seperti sekolah. Website Sekolah juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana menyimpan dokumentasi sekolah. Selain terhindar dari resiko hilang, Hal ini juga bisa digunakan sebagai sarana informasi sekolah.
  • Informasi Kelulusan
Sekolah dapat menggunakan website sebagai sarana informasi kelulusan. Hal ini akan memungkinkan para siswa dapat mengetahui informasi tentang kelulusan dimanapun dan kapanpun. Selain itu memberitahukan informasi kelulusan melalui website dapat mengurangi resiko terjadinya kenakalan pelajar setelah pengumuman kelulusan yang selama ini sering terjadi.
  • Sarana Menampilkan Video Profil Sekolah
Video profil sekolah merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki sekolah. Ada banyak sekali manfaat mempunyai video profil sekolah, diataranya: Meningkatkan kredibilitas serkolah, sarana informasi tentantg sekolah.  Video profil sekolah juga dapat di upload kedalam website sekolah.
Karena beberapa alasan diataslah, saya ingin membuat web/blog sekolah, namun karena belum mempunyai keahlian untuk membuat suatu website dari nol, disini saya menggunakan blogger. dan baru nantinya membeli domain sch.id. Akan tetapi, ternyata penggunaan domain sch.id sendiri perlu beberapa syarat yang berhubungan dengan pihak sekolah, karena menyangkut legalitas dan tanggung jawab sebagai web resmi sekolah nantinya.
Sementara ini url web/blog yang saya buat masih menggunakan domain gratisan bawaan blogger, https://smapgrileuwiliang.blogspot.com/ dan bisa dibilang masih berupa dummy web.


Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

Posting Komentar untuk "Pentingnya web sekolah, SMA PGRI Leuwiliang"