Mie Onklok Instan Asli dataran tinggi Dieng

Mie Onklok Instan Asli dataran tinggi Dieng
Kalian pernah ke Dieng?

Sebuah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah dengan kentang sebagai komoditi utamanya, selain kentang disana juga ada yang namanya kuliner khas Dieng, apa lagi kalau bukan mie ongkloknya, dengan rasa manis pedas paling pas dimakan saat panas.

Dua kali mimin jalan ke-dieng, dan dua kalipun makan Mie ongklok di dua tempat yang berbeda. Pertama saat pendakian perdana ke Gunung Prau selanjutnya ketika ikut tour unit kerja menggunakan jasa OTW Tour, atas recommend seorang teman.

Namun walau begitu ada yang kurang karena tidak bersama keluarga kesana. Sempat muncul keinginan guna liburan keluarga ke Dieng namun selalu saja waktu yang selalu tidak berpihak pada kami, maklum istri mimin seorang pekerja juga, jadi lumayan susah membagi waktu, Sementara ada moment yang ingin kami tuju jika kami liburan ke dieng, apa lagi jika bukan Dieng Kultur Festival, itu loo acara tahunan parade seni dan budaya, yang Puncaknya ritual cukur rambut gimbal.

Oke Kita kembali lagi membahas mie ongklok, di hari terakhir ikut travel tournya OTW Tour kami di beri kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas dieng, dari komoditi utamanya yaitu kentang, manisan Carica, sampai terakhir mie onklok dalam kemasan atau biasa kita sebut mie instan ongklok, tak kalah menarik katanya disini juga ada minuman penambah stamina khas dieng, namanya Purwaceng namun mimin kurang tertarik untuk membawanya sebagai oleh-oleh, untuk siapa coba, hahhaha.

Alasan mimin membeli mie ongklok instan ini sebenarnya agar keluarga dirumah pun dapat merasakan kuliner yang sama dengan  mimin di dieng, disamping itupula ingin tahu apakah mie ongklok instan ini mempunyai rasa yang sama dengan tempat asalnya. 
Disini saya membeli mie Onklok instant nya Mas Desta, yang konon rasa nya sama dengan mie aslinya, cara masaknya pun tidak begitu sulit, berikut urutan masaknya.

  1. Didihkan air secukupnya
  2. Setelah air mendidih, masukan mie dan sayuran kering.
  3. Sambil menunggu mienya matang, masukan bumbu putih kedalam gelas dan ambil air yang sudah mendidih kira2 100ml (setengah gelas kecil) tuang kedalam gelas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mengental.
  4. Setelah mienya matang (empuk) tiriskan dan hidangkan dipiring saji.
  5. Tuangkan kuah kental keatas mie kemudian masukan bawang goreng dan bubuk cabe sesuai selera.
  6. Mie ongklok siap dihidangkan
Ternyata memang Benar, Rasanya tidak jauh berbeda dengan aslinya, nyummi, selamat makan dan terima kasih.




0 Response to "Mie Onklok Instan Asli dataran tinggi Dieng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel