Aplikasi Perkiraan Kehamilan dan Masa Subur


Aplikasi Perkiraan kehamilan dan Masa subur, Merupakan Aplikasi Android sederhana yang menitik beratkan pada perkiraan perhitungan hari lahir serta masa subur yang dibuat berdasarkan metode Naegele.
Tujuan nya tidak lain ialah untuk mempermudah para ibu rumah tangga dalam mengetahui masa subur nya sehingga dapat memberikan informasi Kepada pasangan yang berencana untuk mempunyai anak, maupun yang ingin menunda kehamilan dengan sistem kalender. Aplikasi ini juga dapat membantu ibu hamil untuk memperoleh informasi mengenai kehamilan.

Berikut Tata Cara Penggunaan Aplikasi Perkiraan Kehamilan dan Masa Subur :
Halaman Login/Register
Halaman ini akan anda lihat sesaat  setelah anda membuka Aplikasi.
Pada Halaman ini anda dapat login  dengan mengetikan alamat email  dan password yang sudah terdaftar,  atau bila belum mendaftar anda  dapat tap “Daftar Sekarang” dan  selanjutnya mendaftarkan email dan  pasword anda.


Halaman Menu Utama
Pada Halaman ini terdapat Empat  menu yang dapat anda pilih, Yaitu
  • Perkiraan Kehamilan
  • Perkiraan Masa Subur
  • User menu
  • Penggunaan


Berikut penjelasan dari ke Empat  Menu aplikasi tersebut.
Perkiraan Usia Kehamilan
Dalam menu ini ada 2 penginputan
  1. Input Tanggal  HPHT, Penginputan dilakukan dengan Tap  Button “Input Tgl HPHT”. Perlu diketahui HPHT ialah singkatan dari Hari Pertama  Haid Terakhir, yaitu hari (tanggal) pertama  dimulainya haid, pada haid yang terakhir.
  2. Input Siklus Haid, Siklus haid Merupakan jarak  (dalam hari) antara tanggal hari pertama dimlainya Haid Sampai sampai  dimlulainya Haid berikutnya. Hari pertama terjadi pendarahan dihitung siklus haid (hari ke 1), siklus berakhir  tepat sebelum  pendarahan pertama berikutnya.  Pada umumnya siklus haid berkisar antara 21-40  hari. Namun standarnya siklus haid  perempuan di  indonesia ialah 28 hari.
  3. Button “Tampilkan Keterangan”, Berfungsi  menampilkan Keterangan kehamilan berdasarkan  usia kehamilan pengguna secara Umum

Perkiraan Masa Subur
Dalam menu ini Proses Pengiputan sama  dengan Menu Perkiraan usia kehamilan  yaitu masih menggunakan 2 penginputan,  Yaitu “Input Tgl HPHT” dan “Input Siklus  Haid”, Hanya Saja untuk hasil perhitungannya, pada Menu Aplikasi ini akan memperkirakan masa subur pengguna sesuai data yang sudah diinput 


Menu User(User Menu)
Didalam User Menu ini, pengguna di berikan  kebebasan untuk antara lain :
  • Mengganti Email Login.
  • Mengganti Password.
  • Mengirim Reset Email ke Alamat email terdaftar Pengguna dalam keadaan lupa Password.
  • Menghapus User.
  • Keluar sistem atau Log Out.

Aplikasi ini hanya berlaku jika usia kehamilan menginjak 4 minggu atau sudah dinyatakan hamil oleh dokter kandungan dan usia kehamilan tidak lebih dari 40 minggu.
Pada akhirnya aplikasi ini hanya sebagai pendamping kehamilan atau informasi masa subur, saya tetap menyarankan agar memeriksaan diri kedokter untuk mendapatkan  penanganan yang lebih tepat.

Cara penggunaan diatas dapat anda lihat kembali pada menu Pengguna didalam aplikasi


Demi untuk perbaikan Sistem Serta Fitur aplikasi, saya mengharapkan para pembaca khususnya pengguna dapat memberikan feedback pada kolom komentar di bawah ini.

Terima Kasih Telah menggunakan Aplikasi ini.

3 Komentar untuk "Aplikasi Perkiraan Kehamilan dan Masa Subur"

  1. Terimakasih sudah membuat aplikasi yg ringan, membantu untuk melihat masa subur & menghitung perkiraan masa kelahiran. Smoga tampilan untuk ke depan semakin bagus....

    BalasHapus
  2. Aplikasi yang menarik, sangat membantu jika ingin menunda kehamilan dengan sistem kalender. Tetapi mohon diperbaiki pemilihan kata2 nya ya.... Congratz mas, semoga bermanfaat juga untuk orang banyak.

    BalasHapus
  3. Aplikasinya keren gan ! sangat edukatif sekali

    Namun kalo boleh saran sih user menu itu lebih bagus kalo dipindahin aja jadi icon kecil dipojok kanan atau pojok kiri atas. Alasannya karna kalo saya liat di aplikasinya user menu hanya sebagai menu pendukung saja.

    Terus pilihan atau button "ganti email" dan "hapus user" itu dihilangkan saja demi security

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel