Translate

Android Login Register dengan Firebase


Sekedar curhat, ketika mendapat tugas akhir membuat aplikasi android, hmm.. dari mana mulainya ya.. iya dari mana, lalu muncul ide untuk membuat aplikasi kesehatan berbasis android. Walau dibacanya keren "Aplikasi Kesehatan Berbasis Android" Namun pada dasarnya ini hanya sebuat kalkulator perhitungan sederhana hanya saja dibungkus dengan platform Android.. ok fix saya membuat itu saja.
Menghadap dosen,
Hari pertama bertemu Dosen pembimbing, its something banget. Harap-harap cemas takut ide kita gak diterima apa lagi Acc judul, sepertinya masih jauh. Ok tak apa-apa Bissmillah saja, dengan pede menghadap dosen... senyum.

Saya  :" idenya begini pak, kita membuat aplikasi kesehatan berbasis android semacam perhitungan ..."
Dosen  " Ok, Ruang lingkupnya bagaimana"

Saya  :"????@#!$@!%"

Dosen :"Apa hanya perhitungan seperti itu, peroses inputnya seperti apa"

Saya : "Menjelaskan bla bla bla bla $^*%@@&"

Dosen : Mengerutkan dahi "oh seperti itu, apa hanya itu sistem input datanya"

Saya : Mulai nge blap agar ide nya diterima "@#$%^&*(*&^%$#"

Dosen : " Ya.. idenya bagus saya terima.... silahkan masnya lanjutkan"

Saya : dalam hati "Alhamdulillah"

Dosen : " Tapi dengan catatan ide nya seperti yang masnya jelasin barusan, lalu saya sarankan ada semacam register user disana, gunanya bla bla bla @$#&%&@^"

Saya : agak nyesel karna nge blap " oh seperti itu pak, baiklah saya usahakan pak" sambil linglung harus mulai dari mana.)*&@!@#^*(

Hahahaha, hanya bisa ketawa sambil mikir harus bagaimana, Paper + Aplikasi nya ntu loo hufh....
Mulanya bertanya pada paman google, ternyata buntu, minta bantuan temen kuliah,.. akh sama saja merekapun sedang mengalami hal yang sama sepertiku, bahkan ada yang lebih parah, yah setidaknya punya ide dan itu yang harus saya pegang.

Hari berganti hingga tak terasa hampir satu bulan, namun aplikasi belum sama sekali tersentuh, tapi bagusnya itu paper sempet dikerjakan dan acc walau baru Bab I, karena bimbang mulai curhat sana sini, namun cuma curhat tanpa tindakan, sampailah curhat saya ini di telinga sang istri, yang awalnya hanya berkutat dengan diri sendiri akhirnya mulai show out mengenai masalah ini, dan sarannya pun saya terima, dikenalkannya dengan temannya dan mulai menceritakan masalah yang menimpaku ini... hingga saya di ajari menggunakan Firebase ini sebagai basis data online sesuai dengan permitaan pak Dosen.
Pembukaan yang cukup panjang untuk hanya membahas sebuah Alat dan Infrakstuktur dari Google untuk Developer ini.
Diambil dari https://www.muhaaz.com sejarah Firebase sendiri di mulai tahun 2011, didirikan oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Produk yang pertama kali dikembangkan adalah Realtime Database, di mana developer dapat menyimpan dan melakukan sinkronasi data ke banyak user. Kemudian berkembang menjadi layanan penyedia pengembangan aplikasi. Pada Oktober 2014, perusahaan tersebut diakusisi oleh Google. Berbagai fitur terus dikembangkan hingga diperkenalkan pada Mei 2016 di Google I/O.

Mengenai pelayanan Firebase sendiri Meliputi :

Analytics 
Analytics merupakan inti dari Firebase sendiri yang diberikan secara gratis dan penuh! Kita dapat mengamati tingkah laku pengguna  dalam penggunaan aplikasi oleh user dan menilai atribusi dalam satu Dasboard

Develop
Pada dasarnya, develop digunakan ketika kita sedang mengembangkan sebuah produk.

Grow
Layanan Grow digunakan ketika produk kita sudah jadi dan telah dipublikasikan.

AdMob
Barangkali hal ini yang paling dinantikan oleh para pengembang. Monetize! Mengais uang dengan menampilkan iklan di produk kita.

Kelebihan

  • Tersedia versi Free, sehingga para developer dapat mencoba layanan Firebase tanpa batasan waktu.
  • Cepat dan responsif
  • Tanpa SQL, Firebase menggunakan JSON
  • SDK tersedia untuk Android, iOS, JavaScript, Java, Objective-C, swift dan Node.js
  • User friendly
  • Event-oriented
  • Build-in graphic editor
  • Powerful API untuk menyimpan dan sinkronasi
  • API relatif mudah dimengerti
  • Realtime backend
  • Memudahkan bagi front-end developer yang kurang mengerti back-end
  • Dokumentasi & Costumer Support

Kekurangan

  • Jumlah koneksi node tak ditampilkan (yang mana pada versi Free dibatasi 100)
  • Format penyimpanan tidak menggunakan SQL, melainkan JSON yang mana akan menyulitkan etika melakukan migrasi
  • Karena Firebase tidak memberatkan developer pada server-side, maka konsekuensinya perlu kerja keras menggunakan API dalam kode kita di front-end/client-side
  • Ketika aplikasi kita menggunakan database terpusat yang dapat di update (write) oleh banyak pengguna, maka akan menjadi overkill
  • Tak ada fungsi reference ataupun join
  • Versi Free hanya memberikan 100 koneksi dan 1 GB storage, yang mana kita perlu melakukan upgrade jika pengguna kita bertambah
  • Kita tak tahu dimana lokasi host data kita
  • You don’t own your data. Karena data kita berada dalam host bukan milik kita, akan menjadi mustahil untuk merecovery akun user

Kesimpulan inti yang dapat diambil adalah Firebase dapat digunakan untuk pengembangan produk pada skala apapun, termasuk memanfaatkan berbagai Layanan Firebase. Namun, akan menjadi tantangan ketika mengembangkan produk pada skala besar. Setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak ada salahnya mempelajari hal baru.

Seperti itulah informasi yang saya dapat dari https://www.muhaaz.com/2017/02/apa-itu-firebase-manfaatkan-alat-dan-infrakstuktur-dari-google-untuk-developer-kelebihan-kekurangan/ dan dalam kasus saya ini, saya menggunakan pelayanan  analytics dari firebase untuk mengetahui dan mengamati pengguna aplikasi yang baru sampai ide pembuatan ini. selanjutnya ialah pembuatan  form login register menggunakan autentifikasi firebase, mengenai tutorial pembuatannya pembaca dapat lihat di link berikut :

https://www.androidhive.info/2016/06/android-getting-started-firebase-simple-login-registration-auth/

Tutorial tersebut sudah saya ikuti dan berjalan dengan baik, hanya tinggal pengembangannya saja.
Semoga dapat selesai tepat waktu, Aammiiinn
Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "Android Login Register dengan Firebase"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel