Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

G Shop - gadget Shop, makalah dan presentasi M Commerce



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam makalah ini penulis mengangkat sebuah judul M-Commerce. Oleh karena itu, penulisan makalah ini sangat penting bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan proses belajar.Tidak lupa ucapan terima kasih kepada Dosen Pembimbing Mata Kuliah Mobile Comerce yang telah memberikan tugas ini, serta kepada seluruh pihak yang turut serta membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Yang terakhir, dengan segala kekurangan yang terdapat dalam makalah ini, penulis selalu berharap agar para pembaca bersedia mamberikan kritikan membangun. Dan semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa.











Daftar Isi
Halaman Judul ...................................................................................................  i
Kata Pengantar ....................................................................................................... ii
Daftar isi ................................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan................................................................................................ 1
1.1              Latar Belakang ............................................................................................ 1
1.2              Rumusan Masalah ....................................................................................... 3
1.3              Tujuan.......................................................................................................... 3
1.4              Manfaat........................................................................................................ 4

BAB II Pembahasan Mobile Commerce................................................................. 5
2.1             Mobile commercedan perkembangannya .............................................. 5
2.2             Pengertian M-Commerce (Mobile Commerce)..................................... 7
2.3             Kelebihan dan Kekurangan M-commerce(Mobile commerce).......... 7
2.4             Batasan-batasan m-commerce................................................................ 8
2.5             Sistem M-commerce (Mobile commerce)........................................... 10
2.6             Proses Tahapan dalam Mobile commerce (m-commerce)............... 12
2.7             Security (keamanan) Mobile commerce(m-commerce)................... 13
2.8             Keamanan yang relevan untuk m-commerce..................................... 16
2.9             Infrastruktur M-commere(mobile commerce)................................... 16
2.10        Monile Public-Key Infrastuktur........................................................... 17
2.11        Keuntungan Mobile commerce (m-commerce)................................. 18
2.12        Model bisnis M-Commerce................................................................... 18
2.13        Karakteristik Mobile commerce(m-commerce)................................. 20
2.14        Terminologi M-commerce .................................................................... 20
2.15        Contoh bisnis yang di implementasikan dalam M-commerce......... 21

BAB III Pembahasan Mobile Toko Online Gshop......................................... 22
3.1             Beranda (Tampilan Awal)..................................................................... 22
3.2             Produk...................................................................................................... 24
3.3             Fitur Compare (Perbandingan)............................................................. 24
3.4             Pembelian dan pembayaran.................................................................. 25
3.5             Pengiriman barang.................................................................................. 26
BAB IV PENUTUP............................................................................................. 28
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 30




BAB I
PENDAHULUAN

M-commerce (Mobile commerce) adalah system perdagangan elektronik (M-Commerce) dengan menggunakan peralatan portable/mobile. Pada saat pengguna computer berpindah dari satu tempat ke tempat lain (sewaktu berada dalam mobil, misalnya) , pengguna computer trsebut dapat melakukan tranaksi jual beli produk di internet dengan menggunakan system m-commerce ini. Istilah lainnya iyalah m-bisnis(mobile business).
Pada dasarnya m-commerce adalah gabunngan dari perdagangan elektronik (E-Commerce) dengan mobile computing. Bias dikatakan bahwa m-comerce ini adalah E-Commerce yang berada dalam lingkungan nirkabel. Penggunaan m-commerce biasa ditransaksikan melalui internet, jaringan komunikasi pribadi, Smart card, dan infrastuktur lainnya. M-commerce membuka peluang untuk memberi layanan baru bagi customer yang telah ada untuk menarik customer baru (source: www.wikipedia.org).
1.1    LATAR BELAKANG
Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, telah menciptakan jenis-jenis dan peluang-peluang bisnis yang baru di mana transaksi-transaksi bisnis makin banyak dilakukan secara elektronika. Sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan perbuatan


 hukum seperti misalnya melakukan jual-beli. Perkembangan internet memang cepat dan memberi pengaruh signifikan dalam segala aspek kehidupan kita. Internet membantu kita sehingga dapat berinteraksi, berkomunikasi, bahkan melakukan perdagangan dengan orang dari segala penjuru dunia dengan murah, cepat dan mudah. beberapa tahun terakhir ini dengan begitu merebaknya media internet menyebabkan banyaknya perusahaan yang mulai mencoba menawarkan berbagai macam produknya dengan menggunakan media ini. Dan salah satu manfaat dari keberadaan internet adalah sebagai media promosi suatu produk. Suatu produk yang dionlinekan melalui internet dapat membawa keuntungan besar bagi pengusaha karena produknya di kenal di seluruh dunia.
Penggunaan internet tidak hanya terbatas pada pemanfaatan informasi yang dapat diakses melalui media ini, melainkan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi perdagangan yang sekarang di Indonesia telah mulai diperkenalkan melalui beberapa seminar dan telah mulai penggunaannya oleh beberapa perusahaan yaitu Mobile Commerce atau yang lebih dikenal dengan M-Commerce, yang merupakan bentuk perdagangan secara elektronik melalui media internet. M-Commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet.
Keberadaan M-Commerce merupakan alternatif bisnis yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada saat ini, karena M-Commerce memberikan banyak kemudahan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak penjual (merchant) maupun dari pihak pembeli (buyer) di dalam melakukan transaksi perdagangan, meskipun para pihak berada di dua benua berbeda sekalipun. Dengan M-Commerce setiap transaksi tidak memerlukan pertemuan dalam tahap negoisasi. Oleh karena itu jaringan internet ini dapat menembus batas geografis dan teritorial termasuk yurisdiksi hukumnya.
1.2    RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah merupakan hal-hal apa saja yang akan dikaji oleh peneliti. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana Pengertian M-Commerce?
2. Bagaimana Ruang Lingkup M-Commerce?
3. Bagaimana Jenis-Jenis M-Commerce?
4. Bagaimana Standar Teknologi M-Commerce?
5. Bagaimana Istilah-Istilah Dalam M-Commerce?
6. Bagaimana Contoh M-Commerce?
7. Bagaimana Dampak Positif dan Negatif M-Commerce?
8. Bagaimana Kelemahan dan Kendala M-Commerce?
9. Bagaimana Hubungan Hukum Antar Pelaku M-Commerce?
10. Bagaimana Perlindungan Pembeli dan Penjual?
11. Bagaimana Dukungan M-Commerce di Indonesia?

1.3     TUJUAN

Tujuan dari dilakukannya penulisan makalah ini selain sebagai tugas Mata Kuliah Mobile
commerce, pendidikan SI, STMIK Nusamandiri juga sebagai berikut :
1. Untuk Mengetahui Pengertian M-Commerce.
2. Untuk Mengetahui Ruang Lingkup M-Commerce.
3. Untuk Mengetahui Jenis-Jenis M-Commerce.
4. Untuk Mengetahui Standar Teknologi M-Commerce.
5. Untuk Mengetahui Istilah-Istilah Dalam M-Commerce.
6. Untuk Mengetahui Contoh M-Commerce.
7. Untuk Mengetahui Dampak Positif dan Negatif M-Commerce.
8. Untuk Mengetahui Kelemahan dan Kendala M-Commerce.
9. Untuk Mengetahui Hubungan Hukum Antar Pelaku M-Commerce.
10. Untuk Mengetahui Perlindungan Pembeli dan Penjual.
11. Untuk Mengetahui Dukungan M-Commerce di Indonesia.
1.4    Manfaat

Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1. Biaya tinggi.
2. Masalah keamanan.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia


BAB II
PEMBAHASAN Mobile Commerce

2.1Mobile commerce dan perkembangannya
Transaksi niaga berbasis telepon selular berkembang tidak hanya di sector jasa  keuangan. Akan semakin menyelam jauh di sector bisnis. Pengguna perangkat mobile terus menunjukan peningkatan tiap tahunnya. Bahkan satu orang kini bias memiliki lebih dari satu perangkat mobile. Bukan tidak mungkin nantinya jumlah perangkat mobile yang digunakan akan lebih besar dari jumlah penduduk. Hasil studi Accenture dari 1.100 responden di Asiamenunjukkan bahwa pasar ponsel Asia tumbuh 25% setiap tahunnya. Indonesia dengan jumlah penduduknya yang besar tentu memiliki potensi yang juga besar. Selain itu, 69%  dari respon tersebut memilih ponsel ebagai alat pembayaran. Angka ini menjadi indikasi adanya bisnis dari pertumbuhan pengguna ponsel ini. Di Indonesia, m-commerce atau transaksi niaga berbasis ponsel memang belum tumbuh secepat Negara Asia lainnya. Akan tetapi dalam hal konsumsi, pengguna peranggakt mobile tumbuh kian cepat. Di tambah lagi menurut studi Nielsen, 48% pengguna internet di Indonesia mengakses internet via ponsel. Hal ini menjadi penanda potensial unuk bisnis.
Mobile commerce, yang sering di sebut m-commercesecara umum merupakan aktivitas peragangan berbasis perangkat bergerak, seperti ponsel. Oleh karena itu m-commerce menawarkan kemudahan, baik bagi konsumen maupun produsen dalalm


 bertransaksi. Hal ini diyakini dapat memberikan nilai tambah dalam kegiatan jual beli barang maupun jasa.
Perkembangan m-comerce secara nyata dapat kita lihat terutama di sector perbankan. Sector ini menjadi paling ramai dalam pemanfaatan perangkat mobile, dibandingkan sector lainnya, mulai dari transaksi melalui pesan singkat (SMS), hingga aplikasi yang dibenamkan dalam perangkat mobile. Persaingan pun terlihat semakin engit. Berbagai inovasi bermunculan agar dapat memenangi kompetisi ini. Sebut saja Commonwealth Bank , yang menanamkan fitur investasi dalam layanan mobile banking-nya. Melalui layanan tersebut nasabah dapat dapat memanufaktur fluktuasi harga saham sehingga melakukan pembelian dan penjualan berbagai jenis investasi. Sekali lagi, semuanya dapat dilakukan cukup dilakukan dengan ponsel  yang dimiliki nasabah . selain perbankan, operator juga telah menjalani praktek m-commerce meskipun tidak secara menyeluruh. Layanan T-Cashdan Tap-lzy dari Telkomsel misalnya, menyediakan bentuk pembayaran transaksi melalui perangkat mobile. Namun pelanggan tidak dapat barang atau jasa yang akan dibeli secara virtual, melainkan harus mendatangi tokonya langsung.
Prospek yang menarik dari m-commerce ini semakin dilirik oleh kalangan yang semakin luas. Visa yang layanannya telah digunakan secara Internasional, belum lama meluncurkan layanan barunya yang diberi nama M-saku. Geliat m-commerce ini rupanya  menarik bagi perusahaan yang sebelumnya dikenal mellui layanan pembayaran berbasis kartu ini.


2.2Pengertian M-Commerce (Mobile Commerce)
Mobile commerce, yang sering disebut m-commerce, secara umum merupakan aktivitas perdagangan berbasis perangkat bergerak, seperti ponsel. Ada pula Definisi m-commerce menurut Ericsson adalah jasa transaksi terpercaya melalui mobile devices untuk pertukaran barang dan jasa antara konsumen, pedagang, dan institusi finansial. Jadi selama terjadi transaksi atau perpindahan uang dengan perantaraan mobile devices maka dapat dikategorikan sebagai m-commerce
M-Commerceatau Mobile Commerce adalah pembelian dan penjualan jasa dan barang melalui atau dengan alat wereless handeld seperti tlepon selular dan Personal Digital Assistant(PDAs).

2.3Kelebihan dan Kekurangan M-commerce(Mobile commerce)
Mobile commerce (M-comerce) lahir setelah M-Commerce yang pada umumnya dilakukan melalui media internet. Kelahiran Mobile Ecommerce (M-comerce) tersebut terutama dipicu oleh tingginya tingkat penetrasi handphone di seluruh dunia. Dibandingkan system M-Commerce lainnya.
1.                  Kelebihan Mobile Commerce(M-comerce)
§  Ubiquity: pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja
§  Security: pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader dan smart cardnya itu sendiri. Sehingga dapat dingunakan sebagai secret authentication key.
§  Localization: memungkinkan diterapkannya location services.
§  Convenience: ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.
§  Personalization: handphone merupakan perangkat yangbersifat personal, sehingga  memungkinkan untuk menawarkan layanan/produk yang bersifat personal.
2.                  Kekurangan Mobile Commerce(M-comerce)
§  Keterbatasan perangkat.
§  Tingkat keberagaman perangkat, jaringan dan operating system yang sangat tinggi, membutuhkan standardisasi platform antara vendor. Antara lain telah di atasi oleh J2ME(java 2 Micro Editian).
§  Tingginy tingkat kehilangan / pencurian handphone.
§  Bertambahnya tingkat kerawanan terhadap security ketika data ditransfer melalui air interface

2.4  Batasan-batasan m-commerce
1.      Standar dari security protocol.Masih belum adanya kesepakatan dan standarisasi dari metodologi keamaan dalam menggunakan seluruh mobile-enabled web site. Hal ini berhubungan dengan kepercayaan para pengguna m-commerce seperti dalam aktifitas online payment dan sebagainya.
2.Bandwidth. Kapasitas bandwidth untuk koneksi yang ada masih memberikan  batasan bagi perkembangan 3G dewasa ini. Sehingga dibeberapa negara yang perkembangan jaringan internetnya belum modern tidak dapat mendukung bagi perkembangan 3G tersebut.
3.      Lisensi 3G. Kebanyakan lisensi dari penggunaan dan pengembangan 3G masih ditenderkan oleh pemerintah dari beberapa Negara. Di beberapa negara lain, lisensi 3G tidak dijual atau ditenderkan dengan harga yang murah. Perbedaan-perbedaan ini menyebabkan beberapa negara belum dapat dilayani standar 3G atau walaupun ada tentu dengan harga yang sangat mahal.
4.      Transmisi. Batasan transmisi juga menjadi penghambat dari perkembangan m-commerce tersebut. Beberapa hal yang utama seperti pengaruh cuaca, situasi dan kondisi geografis dari satu daerah dan batasan dari daya pancar gelombang.
5.      Konsumsi catu daya yang besar. Ketika semakin meningkatkannya atas kebutuhan bandwith dari perangkat m-commerce tentu akan membutuhkan jumlah catu daya/battere yang lebih besar pula.
6.      Kekecewaan pengguna. Selama perusahaan-perusahaan pengembang m-commerce masih terus mencoba menyempurnakan teknologinya, tentunya batasan-batasan yang masih ada tersebut kadangkala dapat mengecewakan para pengguna yang ada dan mempengaruhi dukungan para pengguna bagi perkembangan dari m-commerce itu sendiri.






2.5Sistem M-commerce (Mobile commerce)
Terdapat sejumlah besar payment system M-Commerce an M-commerce (Mobile commerce), beragam system tersebut disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut
1.              Waktu pembayaran. Waktu pembayaran yg lebih relative terhadap waktu transaksi(dilakukan pada saatsebelum transaksi atau sesudah transaksi)
2.                  Jumlah pembayaran. Dapat berupa transaksi besar mapun kecil
a.      Transaksi besar
Transaksi beras atau transaksi bernilai besar, perlu dilakukan authentikasi melalui institusi finansial yang terpercaya
b.      Transaksi kecil
Transaksi kecil atau transaksi bernilai kecil, authentikai hanya cukup dilakukan pada level jaringan operator antara lain melalui SIM Card.
3.                  Isu Anonim. Identitas pelanggan tidak di ktahui oleh merchant
4.                  Validasi. Dilakukan secara online atau offline
Selain keempat isu utama tersebut M-Commerce dan M-commerce juga di pengaruhi oleh isu lainnya.
1.                  Biaya tranaksi yang timbul di sisi customer dan merchant.
2.                  Performansi (respon time).
3.                  Biaya per transaksi.
4.                  Terjaminnya ACID (Atomicity, Consistency, Isolation, Durability ).
5.                  System yang berjalan di tingkat nasional maupun internasional.
Pada transaki Mobile commerce, tahapan transaksi pada dasarnya mirip dengan yang terjadi pada transaksi konvesional hanya saja pada kasus remote payment, pengiriman detail informasi transaksi dilakukan melalui jaringan seluler. Sehingga keamanan seluler menjadi perhatian khusus, proses transaksinya juga melibatkan protocol browser,  yang berupa WAP (Wireless Aplication Protocol), atau protocol system messagingseperti SMS (Short Message Service) dan USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Selain transaksi yangbersifat remote, Mobile commerce (m-commerce) juga dapat dilakukan untuk transaksi local, yang pada umumnya menggunakan koneksi Bluetooth, infrared atau RFID.
2.6Proses Tahapan dalam Mobile commerce (m-commerce)
Secara umum, tahapan proses pada Mobile commerce (m-commerc) dapat di bedakan menjadi 4 tahapan, sebgai berikut
1.                  Set-up dan Konfigurasi . proes ini termasuk instalasi aplikasi khusus pada handset yang akan digunakan pada Mobile commerce (m-commerce). Selain itu, untuk beberapa ahapan sistem Mobile commerce (m-commerce) proses ini juga melibatkan proses pembelian atau penambahan nilai uang pada aplikasi tersebut.
2.                  Inisiasi Pembayaran. Pada tahap ini informasi pembayaran dikirimkan melalui jaringan seluler atau protocol wireless lainnya kepada merchant.
3.                  Authentikasi.Tahapan ini merupakan tahapan yang paling penting  pada transaksi, karena pada tahapan ini di periksa apakah pengguna berhak melakukan tranaksi, serta memenuhi persyaratan finansial tertentu.
4.                  Penyelesaian  Pembayaran. Dilakukan ketika pengguna telah berhasil di authentikasi, demikian juga transaksi itu sendiri.
System pembayaran yang banyak digunakan pada M-Commerce saat ini pada umumnya tidak dapat diterapkan pada Mobile commerce (m-commerce).
Beberapa system yang dapat digunakan oleh Mobile commerce(m-commerce) adalah:
Ø  Software electronic coin. Nilai uang disimpan dalam bentuk software dalam bentuk handset pengguna, sehingga pengguna memiliki control sepenuhnya terhadap pengguna lain uang tersebut. Electronic coin  direpresentasikan dalam bentuk informasi nilai uang itu sendiri, serial number, tanggal kadaluarsa, dan signature dari institui yang mengeluarkannya.
Ø  Hardware electronic coin. Pada system ini nilai uang disimpan pada suatu smart card yang tersimpan dalam handset. Representasi nilai uang ini pada smart card tersebut sangat beragam, salah atunya berupa counter.
Ø  Background accont. Pada system ini nilai uang disimpan pada pihak ketiga yang dapat dipercaya, baik itu berupa account kartu kredit, account bank, atau account pada operator seluler.


2.7Security (keamanan) Mobile commerce(m-commerce)
Pihak yang terkait pada transaksi mobile payment adalah pengguna (pembeli), operator jaringan, institu si financial dan merchant (penyedia produk atau jasa yang akan dibeli). Seluruh pihak tersebut memiliki kebutuhan akan jaminan security
Sebagai berikut:
Ø  Pengguna , menuntut jaminan securyt pada accountnya dan juga privacy sehingga pihak lain tidak mengetahui identitas pribadi pengguna.
Ø  Operator jaringan seluler, merupakan fasilitator dari m-comnerce, menyampaikan informasi transaksi secara aman melalui jaringan
Ø  Institusi financial, memiliki perhatian khusus pada integritas dari system pembayaran, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya fraud atau bad-debt.
Ø  Merchant, menuntut agar proses pembayaran menjadi mudah di sisi pengguna, sehingga dapat membangkitkan transaksi. Dan menuntut agar pembayaran dari institusi financial dapat berlangsung dengan smpurna.
Elemen-elemen security yang perlu di perhatikan dalam m-commerce adalah sebagai berikut:
Ø  Authentikasi, yang memungkinkan pihak fasilitator pembayaran (intitusi keuangan)untuk memastikan bahwa pihak yag menggunakan system pembayaran dalah puhak yang berhak.
Ø  Confidentiality, yang memastikan bahwa pihak lain ang tidak memiliki hak, tidak dapat mengakses data pembayaran.
Ø  Data Integrity, yang memastikan bahwa data pemayaran tidak berubah setelah pengguna menyetujui seuruh detail transaksi.
Ø  Non-repudiation, yang mengikat seluruh pihak yang terikat sehingga tidak dapat menyangkal seluruh proses yang telah dilakukan.
Transaksi m-commerce pada dasarnya berlangung melalui media transport yang disediakan oleh jaringan seluler, sehingga perlu diperhatikan keamana dari jaringan yang digunakan. Selain jaringan operator, perlu diperhatikan juga keamanan handset dan aplikasi m-commerce yang digunakan.
Ada beberapa keterbatasan yang diakibatkan sebagai berikut:
Ø  Koneksi yang bersifat dinamik.
Ø  Keterbatasan yang ditimbulkan oleh protocol komunikasi.
Ø  Keterbatasan perangkat.
Ø  Belum matangnya teknologi client.

2.8Keamanan yang relevan untuk m-commerce
1.                  Keamanan terhadap teknologi jaringan:
Ø  GSM (Global System For Mobile Communication)
Ø  UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)
Ø  WEP (Wired Equivalent Privacy)
Ø  BLUETOTH


2.                  Transport Layer Security:
Ø  SSL
Ø  STLS
3.                  Service Security:
Ø  Intelegent Network
Ø  Parlay/OSA
Ø  SMS
Ø  USSD
Ø  SIM/USIM App.Toolkits

2.9Infrastruktur M-commere(mobile commerce)
1.                  Perangkat keras(hardware)
Perangkat keras yang digunakan antara lain:
Ø  Telepon cellular (Mobil Phone).
Ø  PDA (Personal Digital Assistant).
Ø  Attachable keyboard.
Ø  Interactive Pagers.
Ø  Notebook .
Ø  Handhelts.
Ø  Smartpads.


2.                  Perangkat lunak (Software)
Perangkat yang digunakan antara lain:
Ø  Microbrowser.
Ø  Mobil Client Operating system.
Ø  Bluetooth.
Ø  Tampilan layar Aplikasi Mobil.
Ø  Back-Ebd Legacy Application Software.
Ø  Application Middleware.
Ø  Wereless Middleware.
3.                  Media transmisi
Media transmisi yang digunakan antara lain:
Ø  Microwave.
Ø  Satellite.
Ø  Bluetooth/infrared.
Ø  Radio.
Ø  Teknologi Radio Cellular.
4.                  Perangkat lain yang dibutuhkan
Perangkat lain yang dibutuhkan antara lain:
Ø  Penggunaan wireline yang sesuai atau modem wereless WAN.
Ø  Server jaringan yang mensupport wereless.
Ø  Server data base, atau aplikasi.
Ø  Server besar aplikasi perusahaan.
Ø  GPS local
Ø  Mobile Commerce

2.10                           Monile Public-Key Infrastuktur
1.                        X-509 Sertificate
Di dalam ilmu membacasandi,X-509 adalah suatu standard ITU-T untuk Public-Key Infrastruktur (PKI). X-509 menetapkan, di antara hal lain yaitu, bentuk standar dari Public-Key Sertification dan suatau sertifikat pengesahan Alir algoritma (Certification Path Validation Algoritma).
2.                        Wereles Application Protocol
Wereles Aplication Protocol (WAP) adalah suatu standar Internasional terbuka (open standar) untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi wireless

2.11                     Keuntungan Mobile commerce (m-commerce)
Walaupun Mobile commerce belum benar-benar mencapai titik kedewasaan namun memiliki potensial untuk membuat lebih nyaman bagi pelanggan untuk berbelanja barang ataupun memperoleh.
1.                  Device nirkabel “ikut pergi” bersama dengan pelanggan.
2.                  Meningkatkan penghasilan bagi dunia bisnis.


2.12                     Model bisnis M-Commerce
1.                  Layanan keuangan
Ø  Perbankan.
Ø  Wireless payment
Ø  Micropayment
Ø  Wirwless wallet
Ø  Bill payment services
Ø  Money transfer
2.                  Belanja
Ø  Anywhere wireless
3.                  Iklan
4.                  Mobile portal
Ø  Berita
Ø  Olahraga
Ø  E-mail
Ø  Informasi perjalanan
5.                  Mobile B2B
Ø  Pemesanan jasa secara mobile
Ø  Mengecek ketersediaan barang
Ø  Melakukan pemesanan produk tertentu
Ø  Melayani keamanan akses
Ø  Mengurangi kesalahan petugas
6.                  Mobile B2C
Ø  Transaksi antara organisasi bisnis dengan pelanggan
Ø  Personalisasi notifikasi barang dagang
Ø  Mobile games
Ø  Pelayanan hotel
                                        










2.13                     Karakteristik Mobile commerce(m-commerce)
                                
2.14                     Terminologi M-commerce
1.  GPS (Global Positioning System), menggunakan teknologi berbasis stelit.
2.  PDA (Personal Digital Assistant), computer wereless Genggam
3.  SMS (Short Messaging Services)
4.  EMS (Enhanced Message Services)
5.  MMS (Multimedia Messaging Services)
6.  WAP (Wireless Appliction Protocol)
7.  Smartphone, memungkinkan berinternet dengan aplikasi yang sudah terpasang

2.15    Contoh bisnis yang di implementasikan dalam M-commerce
1.Bank BCA
 yang mengeluarkan aplikasi Mobile BCA (Mobile Banking), BCA mengeluarkan layanan mobile danking dengan nama m-BCA.

Melelui layanan ini anda dapat menukmati layanan kapan saja dan dimana saja. m-BCA merupakan terobosan baru layana produk perbankan yang praktis tanpa banyak buang waktu serta user friendly. Dengan layanan ini anda serasa memiliki ATM BCA dalam genggaman tangan anda (kecuali penarikan tunai). Berbagai transaksi dapat anda lakukan melalui ponsel anda.
2.Aplikasi Website Mobile 9 (http://www.mobile9.com/)

Website yng menyediakan berbgai layanan aplikasi  handphone diantaranya, software, ringtone, gallery, game, dan juga aplikasi lainnya yang dapat di download, di website mobile9 juga bisa upload berbagai aplikasi.


BAB III
PEMBAHASAN TOKO ONLINE GSHOP
  
   Gshop-Gadget Shop Merupakan  toko online yang sangat sederhana, memudahkan anda untuk membeli atau memesan  gadget segala merk hanya dari layar handphone, di sini kita akan membahas beberapa opsi atau tutorial menggunakan toko g-shop ini.
3.1  Beranda (Tampilan Awal)

Gambar 3.1 beranda
            Beranda merupakan tampilan awal m-comerce kami, anda akan disuguhkan beberapa menu sebagai navigasi ketika anda berseluncur di toko kami.
            Pertama anda akan dhadapkan pada tulisan “hanya di Gshop.co.id Online shop terlengkap untuk semua kebutuhan Gadget anda” kalimat yang merupakan motto kami agar selalu bisa menjadi online shop terlengkap khususnya gadget di negara indonesia khususnya. Ada beberapa logo dari merk-merk gadget/ handphone ternama seperti, samsung, Sony, Nokia atau beberapa merk yang sedang naik daun belakangan ini, yang kesemuanya merupakan merkdagang


 smartphone yang berbasis android logo-logo ini merupakan sebuah kategori smarphone berdasarkan merk, sehingga memudahkan para pendatang ketika berseluncur mencari gadget yang diinginkan.
            Beberapa menu standar online shop seperti beranda, daftar, login juga pelacakan pesanan turut disematkan di bagian kanan atas toko kami, kolom pencarian juga bisa menjadi pilihan kedua ketika pelanggan/user diharuskan melakukan pencarian cepat mengenai gadget yang diinginkan.
            Kami menggunakan fitur login dengan email addres sebagai userlogin untuk melindungi pelanggan/user dari kesalahan penjualan yang kadang dialami, juga memudahkan kami untuk memberikan informasi terbaru kepada pelanggan jika ada produk terbaru yang tersedia di toko kami. Anda tidak usah kuatir jika suatu saat anda lupa password untuk login di toko kami, disini kami bantu dengan fitur lupa password yang mudah untuk digunakan, anda hanya cukup memasukan email login anda lalu kami akan mengirimkan tautan reset password ke email anda dengan syarat bahwa anda telah dan benar terdaftar sebagai user toko online kami.

                                    Gambar III.1.1 tautan Reset pasword             


3.2  Produk
Seperti yang sudah diketahui, online shop kami menjulan aneka produk gadget khususnya smartphone android berbagai merk dari samsung, sony sampai Oppo smartphone, hal ini dikarenakan semakin banyaknya konsumen khususnya di indonesia yang konstan mengincar smsartphone berbasis android, dari remaja usia sekolah sampai mereka yang sudah bekerja, tua maupun muda.


3.3  Fitur Compare (Perbandingan)
Berbicara mengenai fitur ini, mungkin bisa dibilang fitur ini merupakan fitur baru yang dikelola oleh online shop, ini mungkin yang membedakan toko online kami dengan lainnya. Dalam fitur ini anda dapat membandingkan beberapa smartphone sebelum anda membelinya, beberpa hal yang dibandingkan disini terutama ialah spesifikasi dari semartphone itu sendiri, berapa megapixel kameranya juga tentusaja harga dari smartphone tersebut.

Gambar 3.3
3.4  Pembelian dan pembayaran
            Proses pembelian ditoko kami sangat mudah, hal pertama yang harus dilakukan ialah anda tentunya harus tahu tipe smartphone apa yang ingin anda beli, setelah anda tentukan, temukan disini anda akan dihadapkan pada dua pilihan langsung membeli dengan mengklik  “beli sekarang” atau anda ingin terlebih dahulu mengetahui  spesifikasi Smartphone pilihan anda, anda dapat mengetahui hal tersebut dengan mengklik gambar Smarphone Pilihan anda, jika anda masih ragu tentang spesifikasinya disini anda bisa menggunakan fitur compare untuk membandingkan spesifikasi, juga harga nya.
Dalam proses pembelian, anda diharuskan mengisi beberapa formulir diantaranya tujuan pengiriman tempat dimana smartphone pesanan anda akan dikirim, konfirmasi tujuan pengiriman berguna supaya anda memeriksa kembali apakah alamat yang anda informasikan ialah benar alamat tujuan pengiriman hal ini dimaksudkan agar pengiriman barang kami ialah benar ketangan yang tepat.
Sekarang kita masuk ke proses pembayaran, ada beberapa pilihan pembayaran dari transfer sampai menggunakan kartu kredit. pembayaran dengan transfer misal, disini anda hanya harus transfer ke nomer rekening bank pilihan anda, semisal anda ingin transfer ke rekening BNI.
Nomer rekening yang kami berikan ke masing- masing user berbeda-beda karena ini memang rekening virtual acount user sendiri, hal ini dilakukan demi keamanan transaksi jual beli yang dilakukan, keamanan dari pihak user maupun kami sebagai pemilik toko.

Gambar 3.4 proses pembayaran
perlu diingat Pembayaran harus dilakukan selambatnya 1x 24 jam agar pesanan anda dapat kami proses
3.5  Pengiriman barang
            Berbicara pengiriman, kami berusaha melayani pelanggan sebaik mungkin, diantaranya dengan kebijakan pengiriman gratis untuk pengiriman standar 3-4 hari kerja kepada pelanggan se indonesia. Disini kamipun memsukan fitur tracking sehingga pelanggan dapat mengetahui barang pesanannya sedang berada dimana, pending, dikirim, ataukah sudah sampai tujuan.


Gambar 3.4 Fitur Tracking





BAB IV
PENUTUP

Dengan melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa M-Commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas yang ada. Jenis-jenis M-Commerce Secara umum aktifitas dari M-Commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct marketing, search jobs, online banking, banking, e-government, e-purchasing, B2B exchanges, ccommerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan consumer services.
Pengembangan aplikasi M-Commerce bagi sebuah perusahaan / lembaga merupakan proses yang cukup kompleks. Melibatkan beberapa organisasi / situs dalam penanganan sekuriti dan otorisasi. Perangkat lunak aplikasi M-Commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang lebih murah. Jenis antarmuka web dipilih dengan pertimbangan fleksibilitas implementasi perangkat lunak ini yang dapat dilakukan di jaringan intranet maupun internet, kemudahan untuk deployment, serta kemampuan cross platform.
Ditoko ini berupa toko online yang sangat sederhana yang rencananya akankami buat dalam melalui blogger.com dan dikonversi agar dapat berjalan mobile di


smartphone berbasis android, toko ini menjual berbagai macam gadget khususnya smartphonedari berbagai macam merk.





















DAFTAR PUSTAKA
http://www.sentralweb.com/demo/

http://safri-lubis.info/file

http://andryaldiano-andry.blogspot.com/2011/12/makalah-M-Commerce.html

http://meochan11.wordpress.com/category/electronic-commerce-ec/m-commerce/
http://id.wikipedia.org/wiki/M-dagang
http://gunadarma.ac.id/
http://tember-lio.blogspot.com//2011/12/m-commerce.html
http://relakusumatikaa.blogspot.com/2010/06/m-commerce.html
http://mulinopolinjaya. blogspot.com/2011/09/m-commerce-dan-contoh-bisnis-yang-bisa.html
arishintawawabama.blogspot.com/2011/12/m-commerce.html

Full makalah : Download disini
Full PPT Presentasi : Download Disini


Hajriah Fajar Hajriah Fajar (lahir pada bulan Desember 1987) adalah seorang seniman, penulis, dan kreator konten asal Indonesia. Ia lahir dan dibesarkan di sebuah kampung di Kabupaten Bogor. Sebelum terjun ke dunia seni dan tulis-menulis, Fajar pernah bekerja sebagai tukang parkir profesional di beberapa tempat, antara lain Gedung Hijau Arkadia, Plaza Senayan, dan Kafe Lacodefin Kemang. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, Fajar melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusamandiri, di mana ia memperoleh gelar S1 Komputer Program Dual Degree pada tahun 2019. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan teknologi dan IT, dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta sebagai IT. Selain bekerja di dunia IT, Fajar juga aktif di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook, di mana ia sering membagikan pemikiran, karya seni, serta konten-konten menarik lainnya. Ia juga menulis di blog pribadinya di hajriahfajar.com dan membuat konten video di kanal YouTube bernama Hajriah Fajar.Fajar diakui sebagai salah satu sosok yang inspiratif dan memotivasi banyak orang untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang seni dan teknologi.

2 komentar untuk "G Shop - gadget Shop, makalah dan presentasi M Commerce"

You are welcome to share your ideas with us in comments!